Home / Bangka Belitung / Berita / olahraga

Kamis, 17 Februari 2022 - 22:19 WIB

Jelang Musprov KONI Bangka Belitung, Darhma Sutomo: Hindari Politik Primordialisme

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA- Mantan ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Darma Sutomo angkat bicara terkait pemilihan calon ketua KONI Bangka Belitung periode 2022-2026 dalam musyawarah provinsi (Musprov) KONI mendatang.

Dharma Sutomo akrab di sapa Momok berharap pemilihan ketua KONI dapat dilakukan secara demokratis dan menjual program kerja serta melihat rekam jejak para kandidat.

“Yang harus menjadi acuan adalah orang yang memiliki kapabilitas, integritas, program yang jelas dan terukur, organisatoris dan sarat pengalaman, serta memiliki networking yang luas,” ujar Momok kepada wartawan, Rabu (16/2/2022).

Oleh karena itu Momok melihat secara subjektif untuk pemilihan ketua KONI Bangka Belitung harus orang yang tepat dan bisa berkerjasama dan mampu mengerjakan organisasi.

“Terutama soal anggaran, karena biasanya persoalan anggaran ini akan menjadi kendala dalam setiap kepengurusan. Bagaimana ketua terpilih nantinya dapat menjawab tantangan itu semua. Jangan gara-gara anggaran menjadi alasan sehingga olahraga tidak membuat prestasi,” terangnya.

Selain itu, kata pengacara senior ini, ketua terpilih nantinya dapat membawa lembaga KONI Bangka Belitung lebih maju dan profesional.

Menurut dia, ketua terpilih nantinya  dapat membuat kebijakan yang memajukan olahraga dan mensejahterakan para atlet disamping memberikan solusi dari sebuah permasalahan dan tidak bersikap stagnan serta menunggu,” ungkapya.

Prestasi dan program yang dibuat masa kepengurusannya itu adalah perpaduan ide semua anggota pengurus yang ada di tubuh KONI Bangka Belitung. Kata dia, selama menjadi ketua tidak pernah membuat kebijakan program sendiri kecuali dalam hal keputusan yang dianggap penting dan krusial.

“Dia mencontohkan, selama menjadi ketua KONI Bangka Belitung dari periode 2014-2017 sudah banyak gebrakan yang dibuat oleh kepengurusannya. Mulai dari menjadi tuan rumah Porwil Sumatera hingga mendapatkan 10 medali emas dalam ajang tersebut,” terangnya.

Harapan ini pula yang ingin dia lihat seorang ketua haruslah orang yang organisator yang dapat memahami pengurusnya sesuai kompetensi sehingga output yang dihasilkan sesuai dengan perencanaan yang terukur.

“Oleh karena itu, kata Momok pemilihan ketua KONI Bangka Belitung bukan hanya sebatas menggugurkan kewajiban, tapi memiliki nilai filosofis yang ingin membesarkan KONI sebagai induk dari semua cabang olahraga di Bangka Belitung,” harapnya.

Meski belum terang-terangan dia menyatakan dukungan, namun dari beberapa sumber yang dihimpun, Momok sepertinya mendukung Apik Rasyidi dalam pencalonan ketua KONI Bangka Belitung periode 2022-2026.

Menurut sumber, Apik Rasyidi merupakan pengurus KONI Bangka Belitung era Momok tepatnya sebagai salah satu wakil ketua.

“Dari beberapa kandidat yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon ketua KONI Bangka Belitung periode 2022-2026 menurut Momok baru satu calon yang memenuhi kriteria tersebut,” tutupnya.

Penulis : ibnu

Editor : Renaldi

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri Safari Jumat di Masjid Baitul Iman

Bangka Belitung

Walikota Molen Hadiri Peringatan HUT Ke 8 Paguyuban Masyarakat Ogan Ilir

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Hadiri Apel Pergeseran Pasukan PAM Pemilu 2024

Bangka Belitung

Tingkatkan Sinergi Antar Pejabat Pemprov Babel, PJ Gubernur Adakan Rapat Bersama

Bangka Belitung

Walikota Molen Hadiri Haflah Khotmil Qur’an

Bangka Belitung

Ketua DPRD Bateng Sosialisasikan Pemilu 2024 Kepada Masyarakat Baskara Bakti

Bangka Belitung

Bentuk Rasa Syukur Atas Rejeki yang Diberikan, Masyarakat Bugis Sungai Dua Gelar Sedekah Kampung

Bangka Belitung

Gakkum KLHK Wilayah Sumatera Tangkap dan Tahan Perambah Hutan Produksi Sungai Sembulan