Home / Berita / Daerah / Kesehatan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:40 WIB

40.402 Keluarga di Bangka Tengah Masuk Kategori Tidak Sehat

PANGKALAN BARU, SEPUTARINDONESIA – Diketahui, Indikator Keluarga Sehat (IKS) Kabupaten Bangka Tengah masuk dalam kategori nilai tidak sehat. Hal tersebut berdasarkan data Aplikasi Keluarga Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dari data tersebut, Dinas Kesehatan Bangka Tengah agendakan pertemuan koordinasi dan analisa hasil Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) terintegrasi lintas program di tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022 di Hotel Santika, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Rabu, (12/10/2022).

M. Annas Ma’ruf selaku Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah menuturkan bahwa pengembangan serta pembangunan kesehatan adalah salah satu integral yang penting dalam pembangunan nasional.

“Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) adalah suatu pendekatan pelayanan kesehatan yang menggali faktor resiko terjadinya penyakit dalam suatu keluarga dan menilai suatu kesehatan keluarga, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk Indikator Keluarga Sehat (IKS),” ujarnya kepada Seputarindonesia.id.

Ia mengungkapkan, dari 46.709 keluarga yang didata oleh puskesmas se-Kabupaten Bangka Tengah, dengan rincian pada tahun 2021 hanya terdapat 6.307 keluarga yang masuk kategori keluarga sehat dan pada tahun 2022 berdasarkan TRW III puskesmas sudah melaksanakan intervensi, namun IKS tetap diangka 0,14.

“Pertemuaan koordinasi dan analisa hasil PIS-PK terintegrasi lintas program di tingkat Kabupaten bertujuan untuk membahas tentang permasalahan-permasalahan indikator PIS-PK yang ada di puskesmas serta strategi yang ada di puskesmas khususnya pada kegiatan UKM untuk selalu melakukan integrasi lintas sektor dan lintas program, sehingga IKS meningkat,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan, puskesmas memiliki peran penting untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat dengan menjalankan fungsi yang ada.

“Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan memiliki arti yang penting dalam mendukung dan membangun kesehatan hendaknya betul-betul melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan berkualitas” kata Annas

“Kami berharap setelah peserta mengikuti kegiatan ini, mereka bisa mengaplikasikan intervensi dan strategi yang telah disampaikan narasumber,” tutupnya.

Penulis: Robi

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Kelurahan Dul

Bangka Belitung

Lantik PPPK, Sekda Naziarto Berpesan Untuk Bekerja Profesional, Proporsional dan Perfeksionis

Bangka Belitung

Anggota DPRD Erwandi Gelar Penyebarluasan Perda Pembangunan Kesejahteraan Keluarga

Bangka Belitung

Punya Siapa Tambang Dekat Bandara? APH tak Berkutik Meskipun Sudah Diperingatkan

Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal Meninjau Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Pangkalpinang

Bangka Belitung

Tim Tapak Suci Cabang MTs Negeri 1 Pangkalpinang Bawa Pulang 12 Medali

Bangka Belitung

Sempat Menang Telak di Babak Penyisihan, Jurnalis FC Akui Kehebatan Team As Salam

Bangka Belitung

Safriati Safrizal: Saya Kesini, Mau Melihat, Membeli dan Promosi