Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah

Rabu, 3 Mei 2023 - 05:33 WIB

Dimomentum Hardiknas, Mehoa Harapkan Angka Putus Sekolah di Bateng Zero

KOBA, SEPUTARINDONESIA- Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Mehoa harapkan angka putus sekolah di Bateng zero.

Menurutnya, pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk lebih meningkatkan pengawasan agar angka putus sekolah zero.

“Saya harap pada momentum ini angka putus sekolah di Bangka Tengah menjadi (Nol). Kita kejar sampai zero dengan alasan apapun itu, tugas pemerintah daerah,” kata Mehoa, Selasa (2/4/2023).

Ia menambahkan, kesuksesan dunia pendidikan tidak terlepas dari peran guru-guru di sekolah yang juga terus meningkatkan kualitas diri sehingga mampu memberikan pembelajaran yang inovatif sesuai perkembangan dan tuntutan jaman, termasuk Peranan utama pada Orang Tua wali murid masing2 anak, biasa nya dalam hal komunikasi dan semangat literasi sesuai dengan yg mereka pahami, tidak muluk2 dalam mendeskripsikan bayangan depan dan target tujuan sekolah perlu sampai jenjang tertentu.

“Secara teknis kita dukung dengan anggaran. Dinas pendidikan juga harus mengantisipasi calon anak tidak melanjutkan sekolah dimana? kan ada data di sekolahnya langsung, mulai la dengan wawancara2 ke anak dengan cara yang interaksi dan menarik. Di kelas sudah ada data siapa anak yang bermasalah dan perlu di atensi. Bermasalah di sini bukan faktor biaya tapi mentalitas, putus asa, apatis, komunikasi yang buruk antara orangtua, walimurid, murid, guru dan lingkungan serta penyebab lainnya,” ujarnya.

Selain itu, fasilitas sarana prasarana pendidikan harus semakin memadai, dan kesejahteraan tenaga pendidik ditingkatkan. Hal ini menjadi tanggungjawab pemerintah daerah melalui kebijakan yang dikeluarkan.

Pada saat croscek LKPJ BUpati tahun anggaran 2022 kemarin di salah satu SD Negeri di desa Cambai, Ruang Kelas, Kursi dan Meja sudah sangat jelek dan tua. Kasian. Sampai kita kasih masukan ke Guru dan Kepala sekolah supaya Belikan dulu taplak meja yg plastik yg tebal supaya di paku dulu supaya licin, dan nyaman untuk menulis.

“Seperti SMP 1 Pangkalan Baru, sudah banyak mencetak SDM Penerus yang luar biasa berkontribusi untuk pembangunan daerah, ada yang di PNS dan Pejabat Pemerintahan strategis. Tapi setelah pansus LKPJ dapil 3 turun mengecek bantuan abpd Rehab Laboratorium dan Ruang Kelas, Kami juga melihat meja kursi tidak layak lagi, sudah tua, sudah lapuk, sudah bolong2, sudah typex semua, menyedihkan, bocor juga ruang kelas dan bangunan nya. Jika dibangun APBD kita tidak cukup. Tapi kita harus membidik anggran yang lebih besar lagi, tapi Politik will harus dimainkan” jelasnya.

Pada momentum peringatan hari pendidikan ini, Mehoa juga berpesan kepada para murid yang masih duduk di bangku sekolah untuk mengejar cita-cita setinggi mungkin.

“Pendidikan memang tidak menjamin kesuksesan seseorang di masa yang akan datang. Tapi dengan pendidikan seseorang dapat menentukan arah dan cara untuk mencapai kesuksesan,” pesan Mehoa.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Taruna-Taruni STP KKP Pilih Bateng Sebagai Lokasi PKL

Berita

Berikan Kuliah Umum, Molen: Pemimpin Itu Solusi Dengan Solusi Dibuatnya Adalah Legacy

Bangka Belitung

170 CPNS di Lingkungan Pemkab Bangka Resmi Menjadi PNS

Bangka Belitung

Stunting, Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045

Berita

Babel Harus Puas di Posisi Runner-up Porwil XI Riau, Ricky: Ini Melebihi Ekspektasi Kita

Bangka Belitung

Persoalan Alur Muara Sungai Jelitik, Ketua DPRD Babel Akan Bawa Persoalan Ini Ke Pusat

Berita

Kadis Diskominfo Kota Pangkalpinang Jelaskan Ini di Moment Rakernas Askompsi

Advedtorial

Firdaus Johan Gelar Sosialisasi Perda TIK