Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Rabu, 19 Juli 2023 - 12:53 WIB

Pj Gubernur Babel Hadiri Rakor Kades Se Bangka Belitung

PARITTIGA, SEPUTARINDONESIA – Pj Gubernur Babel, Suganda menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kades se-Provinsi Kepulauan Babel, yang mengusung tema “Strategi Kades Melalui Inovasi Pengelolaan Potensi dan Optimalisasi Sumber Pendapatan Desa, Menuju Desa Mandiri dan Berdaya Saing”, yang berlangsung di Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat (Babar), Selasa (18/7/2023).

Pj Gubernur Suganda mengatakan, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan profesional, untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA), yang dimiliki oleh 309 desa dan 84 kelurahan, yang ada di Negeri Serumpun Sebalai.

“Pemberdayaan masyarakat desa, merupakan aspek penting dalam mendorong tumbuhnya masyarakat desa yang mandiri, inovatif, dan kreatif dalam segala aspek kehidupan. Tentunya peranan Kades sangat berpengaruh dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa. Karena Kades memiliki peran dalam membuat perencanaan desa, pengambilan keputusan serta agen perubahan bagi para aparatur desa yang lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, mengharapkan fungsi – fungsi dalam Pemerintahan Desa (Pemdes) harus dimaksimalkan, supaya sejalan dengan rencana tata kelola desa yang akan dilakukan.

“Tentunya, kepemimpinan Kades sangat berpengaruh dalam kemajuan sebuah desa. Jika kepemimpinan Kades berjalan dengan baik, maka akan berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. Selain itu, apabila kepemimpinan Kades berjalan baik, maka partisipasi masyarakat dalam memajukan desanya akan meningkat pula,” pungkasnya.

 

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Korem 045/Garuda Jaya Gelar Olahraga Bersama TNI-Polri dan Forkopimda

Bangka Belitung

Molen Resmikan Klinik Pratama di Lapas Wanita Pangkalpinang

Bangka Belitung

Walikota Pangkalpinang Hadiri Pelantikan Pengurus ICMI Babel

Bangka Belitung

Bupati Algafry Launching Bangka Tengah Bahagia Belajar

Bangka Belitung

Selain Pertambangan, Pendidikan dan Narkoba Merupakan PR Besar Bagi PJ Gubernur Suganda

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Melepas Peserta Festival Anak Sholeh Indonesia ke 12

Bangka Belitung

Pj Gubernur Kep Babel Suganda Sepakat Perangi Narkoba di Bumi Serumpun Sebalai

Bangka Belitung

Sekda Mie Go Hadiri Rapat Rutin Dengan Kemendagri