Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah / Ekonomi

Jumat, 7 Februari 2025 - 12:39 WIB

Wakil Ketua DPRD Babel Berang, Bank Sumsel Abaikan Pemintaan

BANGKA, SEPUTARINDONESIA– Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Edi Nasapta menyatakan kekecewaannya terhadap Bank Sumsel Babel yang dinilai tidak responsif terhadap permintaan penyediaan fasilitas Mesin EDC (Electronic Data Capture) dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Dinamis untuk Samsat se-Babel. Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel merupakan salah satu pemegang saham di bank tersebut.

Dalam pernyataannya, Edi Nasapta mengungkapkan bahwa permintaan tersebut telah disampaikan sejak lama, namun hingga saat ini tidak ada realisasi atau tanggapan serius dari Bank Sumsel Babel. Hal ini dinilai sangat disayangkan, mengingat fasilitas tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan publik, khususnya dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Saya sangat kecewa karena sampai saat ini Bank Sumsel Babel tidak pernah menanggapi permintaan kami, untuk mesin edc dan qris saja lama sekali, permohonan penyediaan mesin atm di tiap Samsat pun apalagi,” tegas Edi saat melakukan kunjungan kerja ke Samsat Kabupaten Bangka, Jumat (7/2).

Edi juga mengingatkan bahwa Pemprov Babel merupakan salah satu pemegang saham di Bank Sumsel Babel. Menurutnya, seharusnya hal ini membuat bank lebih responsif terhadap kebutuhan daerah, terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik.

“Kita tidak bisa memahami mengapa Bank Sumsel Babel tidak merespons permintaan ini. Padahal, Pemprov Babel adalah salah satu pemegang sahamnya. Ini seharusnya menjadi prioritas bagi bank untuk mendukung kepentingan daerah,” ujar Edi.

Wakil Ketua DPRD Babel itu menegaskan bahwa kehadiran Mesin EDC dan QRIS Dinamis akan sangat membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain mempercepat proses transaksi, fasilitas ini juga dapat mengurangi antrian dan meminimalisir kesalahan yang sering terjadi dalam sistem manual.

“Kami tidak meminta hal yang sulit. Ini adalah teknologi yang sudah banyak digunakan di berbagai daerah. Masyarakat Babel juga berhak mendapatkan pelayanan yang sama baiknya,” tambah Edi.

Edi Nasapta berharap agar Bank Sumsel Babel segera mengambil langkah konkret untuk memenuhi permintaan tersebut. Ia juga meminta agar Pemprov Babel sebagai pemegang saham turut memberikan tekanan agar bank lebih memperhatikan kebutuhan daerah.

“Kami berharap ini menjadi perhatian serius. Jangan sampai kekecewaan ini berlarut-larut. Masyarakat Babel menunggu pelayanan yang lebih baik,” pungkas Edi.

Kekecewaan ini disampaikan usai kunjungan kerja Edi Nasapta ke Samsat Kabupaten Bangka, di mana ia kembali menegaskan pentingnya modernisasi sistem pembayaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Babel.

Share :

Baca Juga

Berita

400 Lebih Pecinta Vespa Serbu Alun-alun Kota Koba Dalam Gelaran Vespa Bateng Day 2022

Bangka Belitung

Sebanyak 225 Siswa se-Kecamatan Pangkalanbaru Terima Bantuan Peralatan Sekolah

Bangka Belitung

Bawaslu Babel Minta KPU Babel Cermat dan Taat Prosedur Dalam Coklit dan Verfak Balon DPD

Bangka Belitung

Bupati Algafry Rahman Hadiri Tausiah Rutin Selama Ramadhan di masjid Ar – Raihan Koba Bangka Tengah 

Bangka Belitung

Jalankan Perintah Presiden, Dirjen Minerba Siap Fasilitasi Hiliriasi Timah di Babel

Bangka Belitung

Jelang Musprov KONI Bangka Belitung, Darhma Sutomo: Hindari Politik Primordialisme

Berita

Gubernur Babel Ajak Lansia Dan Penderita Komorbid Mau di Vaksin

Bangka Belitung

Pj Gubernur dan Pj Ketua Dekranasda Babel Kunjungi UMKM Batu Belubang