Home / Bangka Belitung / Politik

Senin, 6 Desember 2021 - 11:29 WIB

Lewat Penyebarluasan Perda, Amri Cahyadi Edukasi Warga dengan Perda Keterbukaan Informasi Publik

PUDING BESAR,SEPUTARINDONESIA.ID- Melalui Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda), Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi ST MM berkesempatan memberi pemahaman yang mendalam kepada warga terkait keterbukaan informasi publik.

Secara khusus, Perda yang disampaikannya ialah Peraturan Daeran Nomor 06 Tahun 2019 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam argumentasinya bahwa warga secara umum dapat menerima informasi yang berkaitan langsung dengan kepentingan publik.

“Semisalnya anggaran pembangunan fisik yang ada di desa – desa, karena anggaran tersebut merupakan uang negara sama dengan uang rakyat, maka kita sebagai warga wajib mengetahui penggunaan anggara tersebut,”ungkapnya, di Gedung Serba Guna Puding Besar. Minggu, 5 Desember 2021.

Tidak hanya soal anggaran, masih banyak lagi hal – hal yang berkaitan dengan informasi publik. Ia mencontohkan rekrutmen pegawai honorer ataupun pegawai harian lepas di salah satu instansi pemerintahan misalnya. Berbeda dengan rekrutmen ASN yang dijelaskan telah memiliki mekanisme tersendiri.

Di samping itu, terdapat informasi yang dikatagorikan sebagai informasi privasi yang tidak boleh dipublikasikan oleh negara. Yakni, informasi identitas diri yang ada dinas pencatatan pendudukan dan sipil, semisalnya.

Ia menegaskan bahwa data pribadi tersebut harus dijaga oleh negara.

“Data pribadi itu tidak boleh disalahgunakan, maka negara wajib menjaga data pribadi itu, kendati dapat diakses oleh instansi tertentu,”jelasnya.

Di tengah – tengah aksesibilitas informasi yang semakin mudah. Tidak lupa ia mengingatkan warga untuk bijak dan selektif menerima informasi itu dan saling mengingatkan antara sesama. Dalam kesempatan itu pun, ia membuka ruang aspirasi kepada warga untuk menyampaikan aspirasi terutama dalam peningkatan kualitas pendidikan.(*)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Pemkab Bateng Bangun Perpustakaan 4 Lantai, Algafry: Supaya Masyarakat Senang Membaca, Belajar dan Mengenal Dunia Luar

Bangka Belitung

Walikota Molen Ajak DWP Untuk Terus Membangun Kota Pangkalpinang

Bangka Belitung

Open Pit Nam Salu Menjadi Potensi Pemulihan Ekonomi

Bangka Belitung

Robi Syianturi Sumbang Emas Pertama di Ajang Porwil XI Riau dari Cabor Impian!

Bangka Belitung

Bawaslu Babel Akui SILON Jadi Kendala Utama dalam Pengawasan Vermin Bacaleg

Bangka Belitung

Sekda Mie Go Hadiri Jalan Sehat Siswa SLB Negeri Pangkalpinang

Bangka Belitung

Anggota DPRD Toni Purnama Gelar Penyebarluasan Perda Pengembangan Ekonomi Kreatif

Bangka Belitung

Pentingnya Hak Atas Informasi, Yus Derahman Bahas Perda Keterbukaan Informasi Publik