Home / Berita / Daerah / Pertanian / Sosial

Rabu, 5 Oktober 2022 - 15:44 WIB

Nelayan dan Foklasar Kabupaten Bangka Terima Anggaran DAK Senilai Rp.1,379 miliar

BANGKA, SEPUTARINDONESIA- Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka memberi Bantuan Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan Untuk mendorong Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kabupaten Bangka Tahun 2022.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Mulkan SH MH, bertempat di halaman Kantor Dinas Perikanan, Kamis (06/10/2022).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Arman mengatakan pemberian  bantuan ini kepada para nelayan, kelompok  nelayan dan kelompok pengolah dan pemasar (poklasar) hasil perikanan.

Ia mengatakan, bantuan ini berasal dari dana DAK pusat senilai Rp1,379 miliar, pada triwulan kedua semuanya sudah selesai dilakukan dan hari ini siap dibagikan kepada para nelayan dan poklasar.

“Bantuan yang diberikan berupa paket kapal untuk nelayan 3 GT sebanyak 5 unit, jaring penangkapan ikan (Gill Nets), coolbox, GPS 5 paket, mesin tempel 9,8 PK sebanyak 45 unit,”kata Arman

“Selain itu Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memberikan bantuan untuk pengadaan dua unit freezer yang diberikan kepada poklasar untuk mengolah hasil perikanan, juga ada bantuan paket sembako untuk masyarakat yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Bupati Bangka, Mulkan SH.,MH dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Pusat dan juga Kabupaten serta Provinsi memiliki komitmen bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat nelayan.

“Tentunya untuk meningkatkan terhadap pendapatan ekonomi masyarakat kita ini yang harus kita sama-sama perhatikan pertama terhadap bantuan-bantuan alat tangkap ikan ini,” Tuturnya.

Ia juga menyebutkan, Pemerintah Daerah  membantu sarana dan persarana ini untuk meningkatkan terutama hasil tangkapan ikan masyarakat yang mungkin masyarakat belum memiliki dari pada salah satu alat tangkap ikan .

“Kita juga untuk mengawasi terhadap pemanfaatan terhadap sarana dan prasarana yang telah dibantu oleh pemerintah ini dan juga kami harapkan kepada para penerima jangan sampai sarana dan prasarana ini di pindah tangan atau dijual perbelikan,” Pungkasnya.

“Tentunya kami sangat berharap pada masyarakat kita yang dapat bantuan ini agar memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan jangan hanya ketika sudah dibantu tapi tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, perahu ini jangan digunakan untuk menambang timah tetapi  gunakanlah sesuai dengan peruntukannya,” ungkap Bupati Bangka.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Bangka, Sekda Bangka, Kepala OPD Kabupaten Bangka, Anggota DPRD Kabupaten Bangka, Kajari Bangka, Kasat Polairud Polres Bangka, Danposmat AL air kantung, PPN Sungailiat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka.

Penulis : Nando

Editor : Redaksi

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Walikota Molen Tandatangani NPHD Pemilukada Dengan KPU Pangkalpinang

Berita

Puluhan Ribu Tenaga Honorer Satpol PP Desak Jokowi Untuk Diangkat Jadi PNS

Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal Ajak Masyarakat Jaga Kekondusifan Negeri Serumpun Sebalai

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Kegiatan Pelatihan Pemasaran Destinasi Wisata

Bangka Belitung

Pemprov Kep. Babel Siap Dukung PBSI Babel

Bangka Belitung

Temui DPD RI, Bapemperda DPRD Babel Cari Solusi Terkait Regulasi Pertambangan Timah

Bangka Belitung

Mensos RI Tutup HKSN 2021, Tri Rismaharini: Gotong Royong Harus Terus Dijaga, Seperti Semangat di Bangka Belitung

Berita

Pansus 16 DPRD kota pangkalpinang kunjungi Diskominfosta kab. Bangka Tengah