Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Jumat, 2 Juni 2023 - 21:32 WIB

Pj Gubernur Suganda Inginkan Tata Kelola Tambang yang Inklusif

BELITUNG, SEPUTARINDONESIA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, hadir memberikan pengantar diskusi “Tata Kelola Pertambangan Timah dalam Aspek Ekonomi, Hukum, Sosial, dan Lingkungan Hidup”, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Magister Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB) di Guest Hotel Belitung. Jumat (2/6/2023).

Dalam paparannya, Pj Gubernur Suganda menjelaskan bahwa, sejatinya kekayaan sumber daya alam timah di Kep. Babel adalah anugerah, karenanya selain harus dikelola dengan baik, juga harus dikelola secara inklusif.

Tata kelola tambang inklusif yang dimaksudkan, berarti terbuka secara regulasi bagi siapa saja, termasuk masyarakat sesuai dengan aturan perizinan yang berlaku, memperhatikan keberlangsungan lingkungan, serta memberikan manfaat kepada masyarakat secara menyeluruh, dan tidak hanya memberikan keuntungan bagi golongan tertentu.

“Tata kelola tambang harus inklusif, tidak boleh eksklusif. Artinya, masyarakat juga harus diedukasi tentang bagaimana regulasi yang benar, swasta boleh menambang, masyarakat boleh menambang, asalkan ikut pada aturan, termasuk menaati perpajakannya. Sebab, tambang yang dikelola secara ilegal sangat merugikan, terutama dampaknya pada lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut tentang menanggulangi dampak lingkungan akibat tambang, dirinya menekankan bahwa pemulihan kerusakan lahan akibat penambangan membutuhkan komitmen semua pihak, termasuk pelaku usaha pertambangan.

“Pemulihan lahan akibat pertambangan ini membutuhkan komitmen bersama, dari pemerintah daerah, pemerintah pusat, termasuk pelaku usaha pertambangan. Maka, penting menerapkan good mining practice dan green mining,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Pemkab Bangka Wujudkan Sapi Berkualitas Dengan Melakukan MOU

Bangka Belitung

Bahas Raperda PDRB, Ranto Sendhu Pimpin Rapat Kerja di Universitas Padjadjaran

Bangka Belitung

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Babel Fokus Awasi Tiga Hal Pada Tahapan Masa Tenang!

Berita

Tahun 2023 Pemkot Anggarkan 2,5 Milyar Untuk Kerjasama Media

Bangka Belitung

Sosok Dirut Baru PT. Timah, Ahmad Dani Virsal Dikenal Religius

Bangka Belitung

“Ramadhan Kasih Sayang”, Yonif 147/KGJ Buka Puasa di Rumah Warga Masyarakat Desa Belilik

Bangka Belitung

Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Gelar Diskusi Bersama Kakanwil Hukum dan Ham

Bangka Belitung

Bupati Algafry Serahkan Hadiah Umrah Kepada 2 Santri Terbaik