Home / Headline

Kamis, 4 Agustus 2022 - 08:41 WIB

Pj Gubernur Babel Hadiri Kelakar Gawai G20

TANJUNGPANDAN, SEPUTARINDONESIA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin menghadiri “Kelakar Gawai G20” di Rumah Adat Belitung, Tanjungpandan, Rabu (3/8/2022). Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Belitung Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur Burhanuddin, Anggota DPD RI Prov. Kep. Babel Darmansyah, Anggota DPRD Prov. Kep. Babel Hellyana, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan dinas-dinas terkait.

Kelakar Gawai G20 sendiri merupakan pertemuan serius namun santai, yang membicarakan mengenai persiapan-persiapan yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah daerah menjelang pertemuan tingkat menteri pembangunan _Development Working Group_ (DWG) G20 di Belitung pada tanggal 7-9 September 2022 mendatang.

Acara ini dimoderatori oleh Suryadi Saman yang juga merupakan Wakil Gubernur Kep. Babel Pertama periode tahun 2002-2007.

Pj. Gubernur Ridwan mengatakan, _Development Working Group_ merupakan kelompok kerja pembangunan, pembangunan di sini diterjemahkan sebagai pembangunan menyeluruh yang berorientasi kepada masyarakat. Pada momen Kelakar Gawai G20, Pj. Gubernur Ridwan ingin menonjolkan keterlibatan masyarakat.

“Slogan dalam tema G20 yakni _Recover Together, Recover Stronger_ dalam rangka pembangunan, konteksnya pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan dan menjadi tema Babel Berbasis kemaritiman,” jelasnya.

Dirinya juga meminta dukungan agar semua pihak dapat mengusung semangat kebersamaan, semangat kebhinekaan, semangat menghargai satu sama lain, mengakui eksistensinya sehingga dunia bertumbuh bersama.

“Bappenas RI adalah panitia resmi, namun sebagai tuan rumah yang baik, kami mengajak kita semua menjadi tuan rumah yang menyenangkan bagi tamu-tamu yang datang nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani menceritakan bahwa saat ini Belitung sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari tenaga medis, fasilitas kesehatan, penginapan, sarana prasarana dan siap melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, serta melakukan pendataan guna mendukung suksesnya pelaksanaan G20 ini.

“Sarana prasarana antara lain, tadinya bandara kita kurang gedung VIP, alhamdulillah berkat dukungan pak Pj. Gubernur hal ini sudah dikerjakan. Untuk penginapan, tempat pertemuan sudah siap 80 persen. Rumah makan juga sudah kami inventarisir dan kita berikan rekomendasi untuk dikunjungi jika kondisinya layak,” ujar bupati yang kerap disapa Bang Sanem ini.

Bupati Belitung Timur Burhanuddin mengutarakan jika dirinya menyambut baik dan mendukung persiapan G20, namun dirinya ingin agar kunjungan ini tidak dibatasi dan tidak terlalu diarahkan. Pihak pengunjung diberi kebebasan untuk mengunjungi berbagai destinasi yang mereka pilih sendiri untuk dikunjungi.

Anggota DPD RI Prov. Kep. Babel, Darmansyah dalam kesempatan ini juga memberikan masukan terkait _venue_ yang telah disiapkan. Dirinya yang memang berada di komite UKM mengatakan untuk mempersiapkan beberapa _venue_ yang disiapkan untuk menggelar produk UKM. Selain itu menurutnya, perlu disiapkan tema _tour_ untuk peserta, persiapan _tour guide_ berbahasa Inggris. Kemudian, jika ingin menampilkan tarian kolosal juga bisa dilakukan di pendopo Pantai Tanjung Kelayang.(*)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Harapan Bunda PAUD Sri Utami, Anak Kep. Babel Miliki Tubuh dan Gigi Sehat

Berita

Mantapkan Raperda RTRW, Ketua DPRD Bersama Pansus kunjungi Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut

Headline

Presiden Jokowi Sampaikan Pidato, Ini Harapan Ketua DPRD Untuk Babel

Bangka Belitung

Mobil Dinas Plat Merah Milik Pemkab Bateng Berubah Menjadi Hitam, Apri: Itu Bukan Punya Pribadi

Bangka Belitung

Adet Mastur Pertanyakan Penetapan Batas Kawasan Hutan Ke Dirjen Planologi KLHK

Bangka Belitung

Taber Laut Pantai Beriga Dibanjiri Ribuan Masyarakat, Algafri Inginkan Adanya Inovasi Setiap Tahunnya

Bangka Belitung

Libas SSB Bencah 2-0, SSB Puput Wakili Babel ke Tingkat Nasional

Headline

Optimalkan Capaian MCP Tahun 2022, Sekda Ikuti Rakor Monitoring dan Evaluasi Pemberantasan Korupsi