Home / Nasional / Sosial / Wisata

Jumat, 29 Oktober 2021 - 09:31 WIB

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Makassar Kolaborasi Menanam Mangrove di Lantebung

SEPUTARINDONESIA.ID|MAKASSAR – Penjaga Laut, Econusa dan Defending Paradise serta berbagai organisasi peduli lingkungan berkolaborasi mengadakan Penanaman Mangrove di Kawasan Wisata Mangrove Lantebung kota Makassar, Kamis (8/10/2021).

kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, dengan mengangkat tema “Aksi Muda Jaga Iklim”, dan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembacaan Sumpah Jaga Iklim dan panggung ekspresi dalam bentuk lomba menggambar bertemakan mangrove.

Kegiatan penanaman dilakukan serentak di 76 titik di seluruh Indonesia yang salah satunya di Kawasan Wisata Mangrove Lantebung, Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar Provinsi Sulsel. Kawasan wisata lantebung merupakan ekowisata dengan latar belakang hutan mangrove di kota Makassar.

Aksi Pemuda Makassar Pada Penanaman Mangrove Mangrove yang ditanam berjumlah 2800 bibit dengan melibatkan lebih dari 28 komunitas dan relawan dari berbagai kalangan baik pemuda maupun masyarakat umum.

Adi Zulkarnain selaku kordinator aksi di titik Makassar mengatakan bahwa isu krisis iklim semakin terlihat nyata dengan dampak yang semakin terasa. Melalui momentum sumpah pemuda ini, kita berharap dapat meningkatkan kepekaan para pemuda untuk memperlambat krisis iklim, mengingat saat ini Indonesia mengalami bonus demografi dengan jumlah populasi pemuda yg besar.

“Saya berharap para pemuda tetap berkolaborasi dalam menghambat dampak krisis iklim karena merupakan isu global yang harus diselesaikan berbagai pihak secara bersama, “harap pria yang akrab disapa Kak Zul ini.

Lebih lanjut kak Zul mengungkapkan perlu adanya aksi nyata untuk membangun prilaku pemuda peduli isu iklim seperti penanaman mangrove, aksi bersih pantai dan sebagainya serta bukan lagi hanya dalam tataran pengetahuan saja.

Salah seorang relawan, Widiastuti, mengaku kegiatan ini tampak seru dan baru pertama kali diikutinya. Meskipun kaki tergores tiram namun tak mengurangi semangatnya untuk terjun langsung ke lokasi penanaman, “lanjutnya. (Andi Muhsin).

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Walikota Molen Hadiri Paripurna Persetujuan Terhadap Perubahan APBD TA 2023

Bangka Belitung

Anggota DPRD M Amin Gelar Penyebarluasan Perda Perlindungan Anak

Bangka Belitung

Riau Jadi Tuan Rumah Rakorgub Se-Sumatera, Ini Kata Samsuar !

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Bangunan Baru SMP Negeri 3 Koba

Hukum Kriminal

Penasehat Hukum KPA Gubri Laporkan Larshen Yunus ke Polda Riau

Bangka Belitung

Raperda Pemberdayaan Pondok Pesantren DPRD Terus Tuai Dukungan Dan Doa

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri Sosialisasi Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOSP

Bangka Belitung

Bupati Algafry Sampaikan Rancangan Perubahan KUA PPAS APBD TA 2023