Home / Berita / Nasional

Kamis, 17 Maret 2022 - 15:45 WIB

Kadis Diskominfo Kota Pangkalpinang Jelaskan Ini di Moment Rakernas Askompsi

JAWA TIMUR, SEPUTARINDONESIA_ Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menyelenggarakan rapat kerja nasional di Hotel Aston Sidoarjo Jatim 17 Maret 2022 yang diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi & Kabupaten/Kota terpilih seluruh Indonesia.

Rakernas tersebut mengangkat tema “Percepatan penguatan Diskominfo sebagai Walidata guna mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia”, dengan menghadirkan para Nara Sumber yakni Direktur SUPD II Ditjen Bangda Kemendagri Bp Iwan Kurniawan, Deputi Bidang Metodologi & Informasi Statistik BPS Pusat Bp Imam Machdi, juga dari Kedeputian Bidang Kelembagaan & Tatalaksana Kemenpan RB serta dari Sekretariat SDI Bappenas.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang, Sarbini yang menjadi Peserta mengatakan dari hasil pembahasan pada Rakernas menggaris bawahi antara lain bahwa koordinasi, kolaborasi & sinergi mutlak harus dilakukan antara Pemerintah Pusat, Daerah Propinsi & Kabupaten/Kota.

“Begitu juga dukungan penganggaran & SDM harus memadai serta komitmen yang kuat dari seluruh pihak terkait agar terwujud data yang berkualitas dan dapat berbagi pakai,” ungkap sarbini.

Sarbini juga mengutip bahasa narasumber dari Kemendagri mengatakan bahwa rata-rata daerah menganggarkan sangat kecil untuk urusan statistik dan termasuk juga urusan Kominfo juga kecil sehingga menjadi tantangan tersendiri.

“Dalam upaya percepatan penguatan Diskominfo sebagai Walidata perlu juga dukungan regulasi sebagai payung hukum penganggaran dalam proses pengalokasian anggaran yang memadai, pengembangan SDM maupun tata kelola data secara keseluruhan,” tambahnya.(*)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Walikota Pangkalpinang Hadiri Halal Bihalal Dinkes Pangkalpinang

Berita

Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Gelar RDP Dengan Perwakilan Guru Paud Se-Kabupaten Bangka

Berita

Bahas Ranperda Badan Usaha Pelabuhan Pansus DPRD Provinsi Kep. Babel Kunjungi Kementerian Perhubungan RI

Berita

Banyak Event Mulai Diaktifkan, Molen Yakin Pangkalpinang Bakal Jadi Kota Metropolis

Bangka Belitung

Rakor Pemberantasan Korupsi, Herman Suhadi Ketua DPRD Dampingi Wakil Ketua KPK

Bangka Belitung

Pj Ketua TP PKK Safriati Safrizal Hadiri Penyerahan Sertifikasi Halal 1000 UMKM

Bangka Belitung

Bupati Algafry Panjat Pohon Kabung Untuk Lestarikan Budaya Takbenda

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Hadiri Upacara HUT Bhayangkara ke 78 tahun 2024