Home / Advedtorial / Berita / Daerah / Pariwisata

Senin, 31 Oktober 2022 - 19:27 WIB

Wisata Desa Perlang Masuk Nominasi 3 Besar ADWI 2022

BANGKA TENGAH, SEPUTARINDONESIA – Sejumlah 3.419 desa di seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022.

Alur pendaftaran berlangsung sejak 19 Februari 2022 hingga 31 Maret 2022, dengan pengumpulan materi dan dokumen hingga batas 07 April 2022.
Pada akhirnya, rangkaian penilaian berujung pada peringkat 50 besar Desa Wisata dimana Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, termasuk dalam nominasinya.

Berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Egha Swara Oktari selaku perwakilan Pengelola Desa Wisata Perlang menerima piala langsung dari Antonius Widodo Mulyono selaku Direktur PT. Bank Central Asia. Dalam ajang ini, Desa Perlang mendapatkan Juara 3 untuk Kategori Digital dan Kreatif, Minggu (30/10/2022) malam.

Ditemui usai Rapat Paripurna DPRD Bangka Tengah, Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan bekerja keras mewujudkan Desa Wisata Perlang.

“Yes! Alhamdulillah teman-teman Pokdarwis dari Perlang (dan pengelola Desa Wisata) telah berhasil mendapatkan 20 Juta Rupiah, ya. Saya juga memberikan apresiasi luar biasa. Catatan dari saya, satu, mereka ini adalah orang-orang yang mau bekerja dan berusaha keras dalam meraih cita-cita itu,” ungkap Algafry bangga.

Ia juga mengaku melihat sendiri bagaimana kemajuan utama di Bukit Pading, Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar ini adalah hasil jerih payah Pokdarwis Perlang dan semua pihak yang membantu.

“Kami selaku pemerintah daerah ini hanya bersifat mendorong saja. Sebenarnya yang lebih kuat adalah teman-teman Pokdarwis dan masyarakat harusnya,” tambahnya.

Sementara itu, dikutip dari kumparan.com, Menparekraf Sandiaga Uno mengutarakan rasa terima kasihnya kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi.

“Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya. Mari sama-sama mewujudkan Indonesia sebagai negara terindah, mari kita kembangkan desa wisata,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan terdapat tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik. Di antaranya, desa wisata terbaik kategori Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE dan Kelembagaan. Ada pula empat kategori tambahan yakni Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Kelembagaan.

Para pemenang ini mendapatkan hadiah uang tunai untuk pengembangan desa. Desa wisata Juara Harapan 2 mendapat hadiah sebesar Rp 10 juta, Juara Harapan 1 Rp 15 Juta, Juara 3 Rp 20 juta, Juara 2 Rp 25 juta, Juara 1 Rp 30 juta, serta Desa Wisata Terfavorit Rp 50 juta.

Turut hadir menerima penghargaan ini, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta tim Pengelola Desa Wisata Perlang.(*)

Share :

Baca Juga

Berita

Diduga Amblas Karena Tambang Timah, Pak Kades : Tidak Semua Dikaitkan Dengan TI

Bangka Belitung

Pj Gubernur Suganda Lakukan Reformasi Pelayanan Publik

Bangka Belitung

Walikota Molen : Semoga Target Juara Umum Porprov Babel Dapat Tercapai

Bangka Belitung

KM Mutiara Hilang Kontak di Perairan Ketawai, Basarnas Temukan Hari ke-2

Bangka Belitung

Walikota Molen Serahkan Simbolis Kendaraan Dinas Bagi Tenaga Penyuluh Pertanian

Berita

Walikota Ajak PPNI Ikut Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Kota Pangkalpinang

Bangka Belitung

Amri Cahyadi: Terimakasih Para Guru Yang Sudah Mengabdikan Diri

Bangka Belitung

Komisi IV DPRD Babel Kunjungi SMK di Bangka Selatan