Home / Berita / Daerah / Politik

Jumat, 7 Oktober 2022 - 14:16 WIB

Ketua DPRD Nekat DL Ke Melbourne, Australia, Tugas Negara ?

BANGKA TENGAH, SEPUTARINDONESIA – Diketahui, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah Mehoa melakukan perjalanan dinas keluar negeri dalam rangka undangan Konjen RI di Melbourne, Australia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Seputarindonesia.id, diduga perjalanan Dinas Luar tersebut menggunakan anggaran negara dan belum mangantongi surat izin resmi dari Kemendagri

Sekretaris Badan Kehormatan (BK) DPRD Bateng Pahlivi Syahrun mengatakan terdapat mekanisme dalam perjalanan DL ke luar negeri dan tidak bisa berangkat begitu saja jika belum memenuhi peraturan yang berlaku.

“Kalau memang keberangkatan Ketua DPRD Bateng belum mengantongi izin maka hal tersebut salah dan tidak boleh dilakukan namun jika ada izinnya, mekanismenya juga harus jelas,” ujarnya. Selasa, (4/10/2022).

Pahlivi juga menjelaskan, mekanisme yang harus diperhatikan adalah siapa pendampingnya dan tidak bisa dilakukan semaunya, karena ini menyangkut tanggung jawab sebagai Ketua DPRD yang harus dialihkan sementara kepada Plt dan tidak bisa main tinggal begitu saja.

“Semua ini punya aturan dan mekanismenya, jadi tidak bisa dilakukan sembarang apalagi jika menggunakan anggaran negara harus ada pertanggungjawabannya,” ucapnya

“Dari BK sendiri akan melakukan tugas dan kewenangannya serta meminta kepada Ketua DPRD Bateng untuk meminta alasan dan tujuannya DL ke Melbourne Australia dengan meninggalkan tugas tanpa ada pengganti sementara,” lanjut Pahlivi.

Ditempat lain, Wakil Ketua DPRD Bateng Supriyadi menyebutkan dirinya tidak mengetahui adanya perjalanan DL Ketua DPRD Bangka Tengah ke Melbourne Australia, dan mengaku dalam beberapa hari ini memang tidak bertemu dengan beliau.

“Dalam beberapa hari saya memang belum ketemu dengan Ketua dan saya juga tidak tahu kalau ada keberangkatan beliau ke Luar Negeri,” Kata Supriyadi.

Tak hanya itu, Sekwan DPRD Bateng Jauhari menyampaikan bahwa keberangkatan Ketua DPRD Bangka Tengah memang benar, tapi tekait izin dari kemendagri pihaknya belum mengetahui hal tersebut sudah ada atau tidaknya.

“Perjalanan beliau ke Melbourne Australia memang ada, tapi kalau masalah izinnya dari kemendagri saya belum tahu sudah ada atau tidaknya,” ucapnya.

Penulis : Robi

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Menparekraf RI Bersama Pj Gubernur Babel Buka JPJR Beltim 2023

Bangka Belitung

Ada 17.317 Perda yang Terdampak UU Cipta Kerja, Helliyana: Terimakasih Kepada Seluruh Panitia

Bangka Belitung

Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Pangkalpinang Sambut Kunjungan Komisi III DPRD Pangkalpinang

Berita

Pra-Munas IV Pengurus Nasional IKA Universitas Sriwijaya Diselenggarakan Di Kota Beribu Senyuman

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri Pengukuhan Anggota Satlimas Se Kabupaten Bateng

Bangka Belitung

Hangatnya Kebersamaan Delegasi ASEAN pada Welcoming Dinner

Berita

Raperda Pesantren Fokus DPRD Bateng

Bangka Belitung

Pj Gubernur: Saya Ingin Menghijaukan Babel