Home / Berita / Daerah / Ekonomi / Pertanian

Kamis, 9 Maret 2023 - 16:01 WIB

Ini Langkah Konkret Bangka Tengah Targetkan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda 2023

KOBA, SEPUTARINDONESIA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab bateng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (09/03/2023).

Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah secara langsung memimpin Rakor mengatakan hal ini merupakan tugas bersama sebagai pelayan masyarakat agar mendapat perhatian dan penilaian dari pihak-pihak tertentu. Karena menurutnya sebuah Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dapat ditentukan oleh proses, bukan hanya hasil.

“KKS bukanlah Kabupaten/Kota yang telah mencapai status kesehatan tertentu. Ruang lingkupnya luas, tidak hanya sektor kesehatan semata dan untuk itu dibutuhkan komitmen terhadap kesehatan melalui proses dan sistem terstruktur untuk mencapainya,” ucapnya.

Disampaikan Algafry bahwa ada 6 strategi dalam mewujudkan KKS.
“Penguatan komitmen, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan jejaring dan kemitraan, peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan ada 9 instrumen penilaian KKS 2023 dan untuk mencapai wiwerda, setiap tatanan harus memenuhi capaian di atas 81 persen.

“Untuk menuju Swasti Saba Wiwerda, masalah utama posisi ODF (Open Defecation Free) di Bangka Tengah sekarang diangka 80,95 persen,” sebut Algafry.

Berdasarkan alasan inilah, Orang Nomor Satu di Bangka Tengah mengajak seluruh pihak terkait untuk saling berkolaborasi dalam meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda Tahun 2023.

“Kita optimis! Semoga penilaian kinerja Kabupaten Sehat semakin meningkat dan saya yakin jika kita fokus pasti akan tercapai,” harapnya.

Selaku inisiator, Dinas Kesehatan Bangka Tengah mengundang Sekda Bangka Tengah yang juga selaku Ketua Tim Pembina Selawang Segantang Sehat, Kapolres Bangka Tengah, Ketua Tim Forum Selawang Segantang Sehat beserta jajarannya, Kepala OPD yang terlibat dalam KKS, Camat se-Bangka Tengah, Kepala Desa yang terlibat dalam KKS, untuk bersinergi meraih Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda pada Tahun 2023 mendatang.

Share :

Baca Juga

Berita

Dua Ajudan Curi Uang Kapolres

Bangka Belitung

Asisten Pemkot Pangkalpinang Hadiri Operasi Pasar Murah di Kelurahan Temberan

Bangka Belitung

Staf Ahli Bupati Bateng Dorong Kegiatan Penanaman Pohon yang Digelar Yonif 147/KGJ

Bangka Belitung

Ambil Tema “18 Tahun Berpacu, Dengan BLU Melaju” UBB Gelar Dies Natalis

Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal : Pemprov Babel Terus Berupaya Stabilisasi Harga Pangan di Babel

Bangka Belitung

Bupati Algafry Buka Sedulang Archery Cup 2024

Bangka Belitung

DPRD Babel Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur, Ini Kata Ketua DPRD

Berita

Wali Kota Molen Terima Penganugerahan Anggota Kehormatan PD Pemuda Panca Marga Pada Pelantikan Pengda PPM Babel