Home / Ekonomi / Jakarta

Rabu, 16 Juni 2021 - 15:19 WIB

DPRD Kabupaten Bangka Tengah Kunjungi Direktorat PPU-DDT Bahas Beberapa Hal, Apa Saja ?

SEPUTARINDONESIA.ID | DPRD Kabupaten Bangka Tengah yang di ketua oleh Batianus selaku Wakil Ketua I, lakukan kunjungan kerja ke Direktorat PPU-DDT dan di terima langsung oleh koordinator substansi di linggkungan Direktorat PPU-DDT pada Senin (14/06/2021).

Berkenaan dengan hal tersebut, Kunjungan ini membahas tentang banyak hal, yakni membahas apa saja yang menjadi potensi pengembangan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat tentang pengembangan produk unggulan yang ada di kabupaten Bangka Tengah dan juga membahas indikasi program atau kegiatan yang dapat dilakukan dalam mendukung hal tersebut.

“Ini merupakan Intervensi kami ke kementerian desa terhadap pengembangan produk unggulan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) atau kerjasama BUMDES antar desa, dan yang jelas Bangka Tengah memiliki beberapa produk unggulan dibidang pertanian perkebunan,peternakan dan perikanan budidaya. “Jelas Wakil Ketua I DPRD Bangka Tengah ini.

Namun produk unggulan tersebut belum dikelola secara maksimal seperti produk lada, karet, gaharu, peternakan sapi sampai pada budidaya ikan air tawar, termasuk pengembangan pohon gaharu yg merupakan produk unggulan yang ada dikabupaten Bangka Tengah ini.

“Kami berharap pengembangan produk unggulan desa tersebut selain peran dari pemerintah daerah, tak kalah penting juga peran dari pemerintah pusat melalui direktorat pengembangan produk unggulan desa di kementerian desa,”Tambahnya.

“Dan melalui intervensi intervensi yg di sampaikan ke kementerian desa ini baik berupa bantuan peralatan ataupun berupa bantuan edukasi terhadap produk yg ada didesa untuk meningkatkan nilai tambah terhadap produk tersebut, sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat yang ada didesa, “Harapnya.

Namun kerjasama kementerian desa dengan daerah ini melalui BUMDES yang ada di setiap desa harus dengan syarat BUMDES tersebut harus berbadan hukum yang terdaftar di kementerian hukum dan ham.

“Yang jelas kami sangat berharap peran dari direktorat jenderal PPU-DDT, bisa membantu pemerintah daerah khususnya kabupaten Bangka Tengah dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui intervensi berupa peralatan maupun pendampingan dari kementerian desa terhadap produk unggulan didesa, dan kami berharap kepada pemerintah daerah melalui Bapelitbangda untukmerencanakan Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) untuk di daftarkan ke Bappenas.”Pintanya.

Dan untuk wilayah Bangka Belitung, yakni untuk desa Air Gegas sudah masuk dalam KPPN dan sudah di tetapkan Bappenas dalam pembangunan kawasan pedesaan kementerian untuk anggaran 2020 -2024.”Imbuhnya.

Penulis : Renaldi

 

Share :

Baca Juga

Advedtorial

Denny: Mafia Hukum Dan Oligarki Korup Kalimantan Selatan

Berita

Bangka Tengah Pertahankan Predikat Swasti Saba Padapa dari Kemenkes RI

Berita

Bank Sumsel Babel Bagian dari Masyarakat Provinsi Babel

Bangka Belitung

Pj Gubernur Suganda Hadiri Launching Buku Ulama yang Dirindukan Umat

Berita

PT.PNM Berikan Pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha Bagi Masyarakat PGK, Molen: Terimakasih

Berita

Pemkab Bateng Terima Dana Insentif Fiskal Senilai Rp 10Milyar Dari Kemendagri

Berita

Pemkot Pangkalpinang Hadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank Sumsel-Babel

Berita

Pemerintah Cabut Izin Tambang, Perkebunan, dan Kehutanan, Ini Alasannya!!!