Home / Bangka Belitung / Berita

Rabu, 9 Oktober 2024 - 11:07 WIB

Pj Walikota Budi Utama Hadiri Rakor Bersama Kemendagri Membahas Pengendalian Inflasi Daerah

SEPUTARINDONESIA – Pj Walikota Pangkalpinang, Budi Utama menghadiri rapat koordinasi dalam rangka pengendalian inflasi sekaligus percepatan pengembangan industri GIM Nasional tahun 2024 oleh Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual di Smart Room Center Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (7/10/2024).

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Tito mengatakan berdasarkan data BPS menunjukkan bahwa inflasi di bulan September 2023 terhadap september 2024 secara year on year diangka 1,84% dan ini adalah angka terendah dalam sejarah bangsa Indonesia. Sementara inflasi secara month to month pada bulan September terhadap Agustus 2024 mengalami deflasi di angka -0,12 persen.

“Bukan hanya di masa pemerintahan sekarang tetapi masa pemerintahan sebelumnya,” ujarnya.

Tito juga mengungkapkan tren tingkat inflasi rata-rata di masa periode ke dua pemerintahan Jokowi pada November 2019 hingga 2024 yakni 2,84 persen, periode masa pemerintahan sebelumnya November 2014 hingga Oktober 2019 diangka 4,14 persen, pada November 2009 hingga Oktober 2014 diangja 5.62 persen dan pada November 2004 hingga Oktober 2009 yakni 9.90 persen.

Pj Walikota Pangkalpinang, Budi Utama menyampaikan Pemkot Pangkalpinang terus berusaha agar angka inflasi turun dibanding tahun sebelumnya. Upaya-upaya yang dilakukan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) diantaranya pemantauan (sidak) ketersediaan stok dan pergerakan kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor.

“Demi kelancaran distribusi bahan pokok, Pemkot juga berkoordinasi dengan stekaholder di pelabuhan untuk angkutan barang agar berjalan lancar dan tidak ditemukan penimbunan barang kebutuhan bahan pokok,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Pangkalpinang Menuju Kota Cerdas

Bangka Belitung

Bupati Dan Wakil Bupati Bangka Tengah Hadiri Pelantikan PAW Hendy

Bangka Belitung

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Mangkir dari Panggilan Pihak Kejaksaan Tinggi, Ada Apa?

Bangka Belitung

Perekonomian Babel Melemah, Komisi III DPRD Babel Sambangi Kantor Pusat PT Timah

Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal Hadiri Pisah Sambut Danrem 045 Garuda Jaya

Bangka Belitung

Taber Laut Pantai Beriga Dibanjiri Ribuan Masyarakat, Algafri Inginkan Adanya Inovasi Setiap Tahunnya

Bangka Belitung

Anggota DPRD Warkamni Sosialisasikan Perda Nomor 2 Tahun 2018

Bangka Belitung

Pj Gubernur : Keluarga Menjadi Wadah Utama Mencegah Narkoba