Home / Berita / Daerah / Politik

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:26 WIB

4 Parpol Tidak Penuhi Perbaikan Dokumen Verifikasi Administrasi KPU Bangka Tengah

KOBA, SEPUTARINDONESIA – Diketahui, dari 24 Partai Politik (Parpol) di Bangka Tengah, terdapat 4 Parpol belum melakukan perbaikan dokumen guna dilakukan verifikasi perbaikan administrasi.

Hal ini disampaikan Marhendra Yuliansyah KPU Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) selaku Ketua Divisi Teknis Penyelengga Pemilu kepada Seputarindonesia.id. di Kantor KPU Bangka Tengah pada Selasa, (11/10/2022).

Marhendra menuturkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik pada calon peserta pemilu 2024 kemarin.

“Sosialisasi pelaksanaan verifikasi faktual merupakan agenda dari KPU RI digelar sebelum pelaksanaan faktual, yang mana untuk penjelasan permin perbaikan kami harus mengundang partai politik dan stakeholders terkait persiapan faktual kedepannya,” tuturnya.

“Faktual ini partai yang lulus permin perbaikan, selanjutnya akan difaktualkan, baik itu ketuanya, kepengurusan dan anggota, tapi untuk faktual ini tidak semua partai. Kemudian hasilnya akan disampaikan ke KPU RI kepada KPU yang ada di Provinsi dan Kabupaten,” lanjutnya.

Marhendra menyebutkan, ada 24 Parpol yang dilakukan verifikasi faktual, dan KPU bateng hanya menerima 20 Parpol yang dapat dilakukan verifikasi administrasi melalui Sipol.

“Pada masa perbaikan hanya 20 partai menyampaikan dokumen perbaikan, sedangkan 4 parpol lainnya mungkin tidak sanggup memenuhi syarat yang ada diantaranya Partai Parsindo, Republik 1, Republik Indonesia dan Republikku,” sebutnya.

Terakhir, ia menjelaskan walaupun 4 Parpol ini belum memberikan dokumen perbaikan, tapi penentuan akhir tetap dilakukan oleh KPU RI dan untuk tahapan verifikasi faktual selanjutnya akan dimulai 15 Oktober sampai 4 November 2022.

“Perlu diperhatikan juga 14 Desember 2022 nanti merupakan penentuan hasil akhir untuk bisa menjadi peserta Pemilu, ” tutupnya.
(Robi)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Breaking News: Keluarga Flobomora Bangka Tengah Serbu Mapolres Bangka Tengah

Bangka Belitung

Kebersihan Produk Jadi Kunci Keberlangsungan UMKM

Bangka Belitung

JMSI Babel Futsal Competition di Mulai

Bangka Belitung

Bupati Bateng Ajak Seluruh Pegawai dan Masyarakat Sholat Ied di Halaman Kantor Bupati

Bangka Belitung

Bangka Tengah Satu-Satunya di Provinsi Babel yang Mendapat Penghargaan Dari Kemendes Atas Capaian Transformasi BUM Desa

Bangka Belitung

Petani Keluhkan HTI ke DPRD Babel, Adet: Banyak Masyarakat Mengadu Ke Kami Terkait HTI Ini

Bangka Belitung

Desa Namang Launching Desa ‘BERSINAR’, Zaiwan: Semoga Menjadi Desa yang Qur’ani dan Bebas Narkoba

Bangka Belitung

Rakor Pemberantasan Korupsi, Herman Suhadi Ketua DPRD Dampingi Wakil Ketua KPK