Home / Bangka Belitung / Berita

Senin, 24 Oktober 2022 - 14:58 WIB

Unik, Warga Batu Belubang Bangka Tengah Lomba Mencari Remis

BANGKA TENGAH, SEPUTARINDONESIA – Unik, Warga Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gelar lomba mencari remis, Minggu (23/10/2022). Hasilnya lalu dimasak sebagai lauk makan.

Ratusan peserta yang terbagi dalam 33 tim ambil bagian dalam perlombaan tersebut. Setiap tim terdiri dari tiga orang yang keseluruhan pesertanya adalah ibu – ibu warga Desa Batu Belubang.
Peserta lomba diberi waktu 2 jam untuk mencari remis sebanyak-banyaknya. Tim yang memperoleh remis paling berat sebagai pemenangnya.

Ketua pelaksana Sarjono mengatakan, kegiatan yang digelar di pesisir pantai Desa Batu Belubang tersebut, sebagai upaya mempertahankan dan memperkenalkan tradisi masyarakat setempat.

“Ngeremis ini dulunya merupakan aktivitas ibu – ibu di Desa Batu Belubang, karena sulitnya mencari lauk khusus ikan disaat bulan purnama atau bulan terang. Jadi ibu – ibu ngeremis dan hasilnya untuk lauk makan,” kata Sarjono.

Menurutnya, lomba ngeremis juga sebagai ajang edukasi ke masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan pantai dan alam sekitar.

“Harapannya Desa Batu Belubang ini tidak hanya dikenal wisata pantainya, tetapi juga wisata budayanya juga. Sehingga anak-anak kami bisa tahu bahwa ngeremis itu adalah budaya desa dan kegiatan semacam ini sifatnya positif,” ujarnya.

Kepala Desa Batu Belubang Ahirman mengatakan, lomba ngeremis akan dijadikan sebagai agenda tahun desanya untuk menarik minat orang berwisata.

“Ini pertama kali kami lakukan dengan peserta dari warga kami sendiri. Kedepannya kami ingin melaksanakannya lebih meriah dengan peserta dari daerah lainnya juga,” ucapnya.

Bagi peserta kegiatan tersebut tak hanya sekedar pertandingan mencari pemenang, namun ajang silaturahmi dan gotong royong.

“Ini lagi musim remis jadi ikut meramaikan kegiatan ini. Katanya sih remis ini bisa bikin mata kita jadi terang, makanya kalau lagi musimnya seperti ini ramai masyarakat di sini mencari remis. Biasanya dimasak dengan direbus,” kata salah satu peserta, Devika.

Remis merupakan kerang – kerangan kecil yang hidup di pesisir pantai. Hewan ini mudah dicari saat air laut lagi surut.

Untuk mengolahnya menjadi makanan sangat lah mudah. Cukup siapkan serai, cabai, gawang merah dan bawang putih. Iris bawang lalu letakan pada air bersama serai dan cabai lalu panaskan pada tungku api.

Setelah mendidih masukan remis yang sudah dibersihkan, tunggu hingga cangkang remis terbuka angkat dan remis rebus siap dihilangkan. Kuliner ini sangat cocok menjadi lauk makan.(*)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Jebatan Sungai Tebo I

Bangka Belitung

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hadiri Launching Program Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah dengan Bank Sumsel Babel

Bangka Belitung

Ferdiansyah Sosialisasikan Perda no 13 Tahun 2017 ke Masyarakat Desa Terentang

Bangka Belitung

Bupati Algafry Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional

Bangka Belitung

Pj Gubernur Tekankan Dua Aspek Terkait Optimalisasi Pelabuhan

Advedtorial

Mulkan Resmikan 3 Fasilitas Baru di RSUD Depati Bahrain

Bangka Belitung

Marwan, yang Lemah yang Melawan

Berita

Fokus Jasa, Perdagangan dan Industri, PAD Kota Pangkalpinang Meningkat Dalam Sejarah Pangkalpinang