Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah

Sabtu, 8 April 2023 - 14:31 WIB

Selain Wisata Modern, Wisata Berbasis Masyarakat Juga Tak Kalah Menarik

TANJUNGPANDAN, SEPUTARINDONESIA – Demi mendorong percepatan pengembangan berkelanjutan di Negeri Serumpun Sebalai, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, maupun yang berhubungan dengan masyarakat seperti perekonomian, kesehatan, dan sosial, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu akan merancang pariwisata berbasis masyarakat di Pulau Belitung.

“Konsep ini, nanti siapapun yang akan menjadi gubernur babel, ini menjadi konsep yang sama, tidak ada yang membedakan potensi antara pulau bangka dan pulau belitung,” tegasnya.

Hal itu dikatakannya saat berolahraga jalan pagi di kawasan Pantai Tanjung Pendam Belitung, Sabtu (8/4/2023) sebelum memulai agenda kerjanya. Dirinya sempat bertemu komunitas lari Bayu, yang dikatakannya sudah janji akan membentuk konsep ini segera.

“Dari komunitas lari atau berjalan kaki, orang akan lebih bisa menikmati spot-spot wisata,” ungkapnya.

Sehingga dari kehadiran komunitas seperti ini bisa menarik wisatawan yang mengunjungi Pulau Belitung, bahwa di kawasan Pantai Tanjung Pendam, wisatawan dapat mengisi waktu pagi dengan berolahraga.

“Konsep-konsep ini yang akan kita bangun, kita branding wisata disini dihubungkan dengan kebiasaan yang masyarakat lakukan,” ungkapnya.

Karena menurutnya, kebiasaan ini sebenarnya sudah mereka (masyarakat) lakukan.

“Saya juga bertemu juga pada ibu-ibu, katanya banyak para lansia¬† yang masih aktif berolahraga,” ceritanya sembari mengibaratkan pada negeri cina yang senantiasa memberdayakan komunitas lansia agar aktif berkegiatan, dan hal ini bisa diterapkan di Pulau Belitung jika komunitas seperti ini dibina.

“Kita tidak usah cari-cari, tinggal kita kembangkan dari apa yang masyarakat sudah lakukan menjadi pariwisata yang menarik,” ungkapnya.

“Termasuk pada seorang mantan guru yang bertemu saya tadi, memiliki hobi memancing. Nah ini kita kembangkan menjadi wisata dengan nuansa mancing mania tetapi secara tradisional. Bukan dengan kapal canggih tetapi dengan kapal-kapal nelayan,” tambahnya.

*Wisata Ini Ada Yang Modern, Tetapi Wisata Tradisional Juga Menarik*

Diakui Pj Gubernur Suganda bahwa baik dirinya maupun sang istri Maya Krista Sidabutar baru pertama kali ke Pulau Belitung yakni saat Kunjungan Kerja pertama ini, setelah dilantik pada pekan lalu.

“Sampai kesini itu bener-bener bening airnya,” ungkap Pj Gubernur Babel saat turun dari Jetski yang dijajalnya di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang pada Jumat sore (7/4/2023).

“Pasirnya bersih, airnya jernih,” ungkapan yang sama dari sang istri Maya Krista Sidabutar yang terkagum usai melihat langsung ke tengah laut kejernihan airnya menggunakan jetski.

Ini, yang dikatakan Pj Gubernur bahwa salah satu wisata modern di Pulau Belitung yang sangat menarik, selain wisata tradisional berbasis masyarakat lokal yang akan dirancangnya untuk segera dibentuk.

“Ayo ke Bangka Belitung, khususnya pulau Belitung, mencoba jetski dan menikmati bermain pasir di pantai yang airnya jernih sekali,” ajaknya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Sosialisasi Mencegah Paham Terorisme Bagi Generasi Muda

Bangka Belitung

Pj Gubernur Babel Open Turnamen PBSI Babel

Bangka Belitung

Ajak Pemuda & LSM di Babel Bebas Korupsi, KPK Gelar Kelas Antikorupsi

Bangka Belitung

Tingkatkan Produktivitas dan Perkuat Daya Tahan UMKM Babel, Gubernur Dorong Optimalisasi Penyaluran KUR

Bangka Belitung

Usai Demokrat dan PDIP, Hidayat Arsani Mengambil Formulir dan Mendaftar ke Partai Nasdem

Bangka Belitung

Bupati Algafry Pimpin Rakor Pemkab Bangka Tengah

Bangka Belitung

Matinya Nurani Pejabat PLN, Rektor Universitas Muhammadiyah Babel Murka

Bangka Belitung

Pemerintah Indonesia Tunjuk Bangka Belitung Sebagai Tempat Pendidikan Agama Khonghucu Dunia