Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Selasa, 17 Oktober 2023 - 20:41 WIB

Sekda Bateng Launching Kampung Keluarga Berkualitas

SEPUTARINDONESIA – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), menggelar launching Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Rumah Data Kependudukan, Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan Bapak Anak Asuh Stunting (BAAS) di Pantai Tapak Hantu, Desa Batu Belubang, Senin (16/10/23).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bateng, Sugianto sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Bateng, yang membuka acara ini secara resmi. Peluncuran Kampung KB ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Perwakilan BKKBN RI, Dwi Listyawardani didampingi Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Mhd. Irzal.

Kampung KB, Rumah Data Kependudukan, Dashat, dan BAAS ini merupakan program Pemkab Bateng sebagai salah satu upaya pengentasan stunting dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendekatan pelayanan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), yakni penguatan fungsi keluarga serta partisipasi masyarakat.

“Pembentukan Kampung KB ini kita bentuk di Desa dan Kelurahan yang ada di Bateng sebagai sarana untuk membangun kualitas sumber daya manusia dari lingkungan terkecil yaitu keluarga,” ujar Sugianto.

Sugianto juga menerangkan bahwa Kampung KB memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Prevalensi balita stunting di Bateng berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia tahun 2022 diangka 2,83%, sedangkan pada tahun 2023 menunjukkan prevalensi sebesar 2,16%. Ini tren yang sangat baik sehingga kita perlu menerapkan Kampung KB ini secara merata di seluruh Desa dan Kelurahan di Bateng,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Babel Jadi Sasaran Kawasan Konservasi Prioritas USAID KOLEKTIF

Bangka Belitung

Jalankan Perintah Presiden, Dirjen Minerba Siap Fasilitasi Hiliriasi Timah di Babel

Bangka Belitung

Bupati Algafry Pimpin Langsung Upaya Pemadaman Kebakaran di Jalan Merdeka Koba

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Jebatan Sungai Tebo I

Bangka Belitung

Pj Gubernur Safrizal Pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVIII

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Wisuda Angkatan Ke 25 SMA Negeri 1 Koba

Berita

Pasok Energi Listrik, Perusahaan Asal Amerika Lirik Investasi di Bangka Belitung

Bangka Belitung

Walikota Pangkalpinang Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji Tahun 2023