Home / Bangka Belitung

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:42 WIB

PT. Timah Tbk bersama Mitra lakukan Sosialisasi Rencana Pertambangan Laut Merbau Toboali

BANGKA SELATAN, SEPUTARINDONESIA – PT. Timah.Tbk bersama Mitra CV. Timor Ramelau lakukan sosialisasi rencana pertambangan laut kepada masyarakat Dusun Merbau dan sekitarnya yang di laksanakan di Kantor Wasprod Bangka Selatan, Selasa (17/5/2022) Sore.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Kadiv PAM PT Timah Tbk, Wing Handoko, Kabid PAM Ulb, M.Zahudi, Perwakilan Ka.Unit UPLB, Ronanta, Kabid CSD, Beni Puridar, Kabag Ops Polres Basel, Pabung Kodim, Danpos AL, Camat Toboali, CV.Timor Ramelau, Hercules, Penanggung Jawab Ponton Bukong dan Pihak masyarakat.

Kepala Unit Penambangan Laut Bangka (UPLB), yang diwakili oleh Ronanta Tarigan menyampaikan dalam sambutannya meminta kepada perusahaan mitra yang ditunjuk untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sebelum melakukan penambangan.

” Kepada masyarakat yang hadir mengikuti sosialisasi ini untuk membantu serta meningkatkan produksi bijih timah , Dimana wilayah ini dari tahun 1995 sampai sekarang belum pernah ditambang namun PT Timah Tbk wajib membayar royalti ke negara,” ungkapnya.

PT. Timah Tbk selaku pemegang IUP melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat sebelum melakukan penambangan walaupun ada pro dan kontra.

” Setiap Wilayah meskipun tidak 100% mendukung namun pro dan kontra itu wajar di mana kehadiran kontra sebagai pembenahan kedepannya, dan meminta CSR baik dari PT Timah Tbk maupun dari mitra agar tepat sasaran kepada masyarakat,” ujarnya.

Ronanta Tarigan melanjutkan Dalam sosialisasi tersebut, ada juga warga yang mempertanyakan terkait teknis pemberian CSR kemasyarakat, serta mempertanyakan apakah CV lain bisa melakukan penambangan di wilayah perairan laut.

“Terkait masalah CSR, tergantung keluhan permintaan dari masyarakat, namun terkait CV lain ingin melakukan penambangan tidak mempermasalahkan. Namun CV tersebut lulus verifikasi terlebih dahulu untuk bermitra dan yang penting ikuti aturan yang berlaku dari PT Timah Tbk,”paparnya.

Ditempat yang sama, Hercules dari pihak CV. Timor Ramelau menyampaikan bahwa pihaknya dipercaya oleh negara melalui PT Timah Tbk, dimana sebelum adanya sosialisasi hari pihak CV sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak tokoh masyarakat, ketua nelayan, LSM.

” Selaku pemilik CV bertanggung jawab langsung kelapangan dan berharap ke saudara Bukong sebagai penanggung jawab Ponton PIP agar komitmen dan transparan dalam pelaksanaan penambangan serta menjaga sama sama hasil dari penambangan tersebut,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi di kantor Wasprod Bangka Selatan bersama masyarakat tersebut berjalan aman dan lancar.
Penulis : Refando

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Jebatan Sungai Tebo I

Bangka Belitung

Jalin Sinergitas, Direksi PT. Timah. Tbk Lakukan Kunjungan ke Kabupaten Bangka

Bangka Belitung

KM Mutiara Hilang Kontak di Perairan Ketawai, Basarnas Temukan Hari ke-2

Bangka Belitung

Hari Pertama Bertugas, Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pimpin Rapim

Bangka Belitung

Bupati Algafry Buka Pelatihan Pengemasan Produk UMKM Bateng

Bangka Belitung

PPDB Jenjang SMA/K Masih Bermasalah, Komisi IV DPRD Panggil Dinas Pendidikan

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri PTSP Semarak Goes To 10.000 NIB

Bangka Belitung

Safari Dakwah Ustadzah Oki di Desa Belilik Membludak