Home / Bangka Belitung / Berita / Pendidikan

Sabtu, 2 September 2023 - 19:36 WIB

Pj Gubernur Suganda: UBB Punya Potensi Sebagai Universitas Terdepan di Indonesia

BALUNIJUK, SEPUTARINDONESIA – Universitas Bangka Belitung (UBB) yang memiliki lahan seluas 152 Ha, membuat Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu yakin bahwa kampus tersebut memiliki potensi dan peluang untuk menjadi universitas yang terdepan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya saat mengisi materi pada Kuliah Perdana _(Student Day)_ Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi UBB, dengan judul paparan “Dukungan Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur”, bertempat di Gedung Rektorat UBB, Sabtu (2/9/23).

“UBB yang memiliki luas lahan yang cukup luas, dan tidak semua universitas memiliki lahan seluas itu. Jadi, memang terbuka peluang yang sangat lebar sekali, untuk kita bersama mengembangkan UBB menjadi universitas yang terdepan di Indonesia,” ujar Pj Gubernur.

Dirinya pun juga meyakini dengan melihat potensi-potensi yang ada, dan lokasi yangstrategis. Jadi, tinggal bagaimana untuk memanajemenkannya dan mempersiapkannya sebagai universitas yang ternama bahkan berkelas dunia.

Selain itu, dikatakannya meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kep. Babel masih dikategorikan aman secara rata-rata nasional, yakni sekitar 72,24. Tetapi, tetap saja, perlu ditingkatkan lagi, baik itu dari sekolah dasar ke menengah maupun perguruan tinggi, sehingga IPM Kep. Babel bisa lebih tinggi. Karena ini dilakukan sebagaimana tujuan pendidikan nasional yaitu membangun kualitas manusia serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini pun dikatakan oleh Suganda, sesuai dengan rencana pembangunan daerah Provinsi Kep. Babel Tahun 2023 – 2026, yakni diantaranya:
1. Terpenuhinya kapasitas dan kualitas SDM;
2. Meningkatnya ekonomi daerah;
3. Meningkatnya indeks demokrasi indonesia provinsi;
4. Meningkatnya indeks reformasi birokrasi;
5. Menurunnya disparitas pembangunan antar wilayah dan masyarakat;
6. Meningkatnya kualitas lingkungan hidup dan terkelolanya sumber daya alam.

Orang nomor satu di Kep. Babel itu pun juga berharap kedepannya, UBB bisa membuka pula kelas-kelas lainnya seperti kelas online, atau pun kelas sabtu-minggu khusus untuk karyawan yang bisa diikuti pula oleh para ASN.

“Jadi kelasnya nggak harus tatap muka, bisa yang online, karena berdasarkan SE Menpan 2021, bahwa ASN sudah bisa belajar darimana saja. Jadi, diharapkan dengan hal tersebut, UBB bisa menarik lebih banyak lagi mahasiswa, baik itu di dalam maupun luar Bangka Belitung,” ujarnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bahas Raperda PDRB, Ranto Sendhu Pimpin Rapat Kerja di Universitas Padjadjaran

Bangka Belitung

Dana Desa Wajib Anggarkan 8% Untuk Penanganan Covid-19

Berita

Presiden Jokowi Waspadai Lonjakan Covid-19 dan Varian Baru E484K

Bangka Belitung

Bangka Belitung Patut Berbangga Punya Hatchery Tercanggih di Indonesia

Bangka Belitung

Irifan, Penggagas Inovasi Blue Green Terima Pujian Pj Gubernur Suganda

Bangka Belitung

Bangka Tengah Satu-Satunya di Provinsi Babel yang Mendapat Penghargaan Dari Kemendes Atas Capaian Transformasi BUM Desa

Bangka Belitung

Enam Perwira Ikuti Tradisi Masuk Satuan, Ini Pesan Danyonif 147/Kgj

Advedtorial

Air Mata Nenek Khatijah Tak Henti-Hentinya Keluar: Terimakasih PT.Timah, Pak Bupati Bateng dan Pak Camat Pangkalan Baru