Home / Berita / Daerah / Pendidikan

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:45 WIB

Pesan Bupati Bateng Pada Peringatan Hari Santri Nasional 2022

BANGKA TENGAH, SEPUTARINDONESIA- Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menjadi pembina upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 dengan tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Koba, Sabtu (22/10/22).

Bertepatan dengan peringatan 70 tahun revolusi jihad, pemerintah memberikan pengakuan peran penting perjuangan para ulama dengan menjadikan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Apresiasi itu ia sampaikan di Masjid Istiqlal, yang dimana hal itu dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015. Sebelum melaksanakan upacara bendera, dilakukan Apel Nasional secara daring.

Dalam amanatnya, Algafry Rahman membacakan amanat Ketua Umum PBNU yang mengatakan Penetapan Hari Santri, menjadi momentum untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan para pahlawan, seperti K.H. Muhammad Hasyim Asy’ari, K.H. Ahmad Dahlan, H.O.S Cokroaminoto, Tengku Fakinah, serta Maria Josephine Walanda Maramis, yang turut berjuang sejak zaman revolusi kemerdekaan.

Menurutnya, Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan para pahlawan secara umum, yakni sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap bangsa Indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja. Hari Santri harus benar-benar di pahami dan hayati.

“Tugas generasi saat ini mesti tidak turut serta berjuang bertaruh nyawa untuk negara dan bangsa Indonesia, namun bisa mensyukuri kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan dengan membulatkan tekad untuk meneladani perjuangan mereka sesuai momentum yang dihadapi,” pesannya dihadapan para Guru dan murid Ponpes Al-Muhajirin. (Renaldi)

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Kunjungi Gereja Persekutuan Kristen Desa Beluluk

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Rapat Paripurna PAW Anggota DPRD Bangka Tengah

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Terima Audiensi Kemenkumham Babel

Bangka Belitung

Covid-19 Varian Omikron Masuk Bangka Belitung, Mikron: Untuk Kita Semua Dapat Mentaati Prokes

Bangka Belitung

Ihsan Nahkodai PBSI Bangka

Bangka Belitung

Resmikan Tugu Batas Sungailiat-Pangkalpinang, Mulkan: Alhamdulillah Bank Sumsel Babel Responship

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Monitoring Pelaksanaan Pemungutan Suara di TPS 005 Pangkalpinang

Bangka Belitung

Pasca Diberitakan, Penambangan Dekat Bandara Tutup dan Ini Atensi Kapolda Babel