Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Senin, 5 Juni 2023 - 20:59 WIB

Molen Sampaikan Dua Raperda dalam Rapat Paripurna DPRD Pangkalpinang

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil menghadiri rapat paripurna kesepuluh masa persidangan III tahun 2023, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang. Senin (5/6/23).

Agenda tersebut yaitu penyampaian dan penjelasan Wali Kota Pangkalpinang terhadap dua rencana peraturan daerah (Raperda) yang diajukan Pemerintah Kota Pangkalpinang tentang pajak daerah dan retribusi daerah serta perubahan kedua atas peraturan daerah Kota Pangkalpinang nomor 18 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Pangkalpinang.

Terkait hal tersebut Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menyampaikan berdasarkan ketentuan pasal 94 undang – undang nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah menyatakan bahwa untuk seluruh jenis pajak dan Retribusi ditetapkan dalam satu Perda dan menjadi dasar pemungutan pajak dan Retribusi Daerah.

“Merujuk dari pasal tersebut maka retribusi masih bisa dipungut sampai dengan akhir tahun 2023 ini. Dan selanjutnya tarif pajak dan Retribusi Daerah menunggu diundangkannya peraturan daerah yang mengatur pajak dan Retribusi Daerah yang berpedoman pada undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah, ” ungkapnya.

Selanjutnya Molen menuturkan terkait pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Pangkalpinang berdasarkan peraturan daerah Kota Pangkalpinang Nomor 18 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Pangkalpinang dipandang perlu untuk diubah.

“Berdasarkan hal tersebut kiranya kedua raperda tersebut dapat segera dibahas oleh anggota dewan bersama dengan eksekutif dan pada akhirnya dapat segera disetujui menjadi peraturan daerah, ” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Algafry Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Desa Sungkap

Berita

Pemerintah Kota Pangkalpinang Gelar Desiminasi Proyek Pada 5 Tahun Kedepan

Berita

Wali Kota Molen Tandatangani Kerja Sama dengan Lapas Narkotika Soal Rehabilitasi Pemasyarakatan

Berita

DPRD Bangka Gelar Rapat Paripurna Istimewa, Taufik Koriyanto Gantikan Mendra dari Kursi Wakil Ketua

Bangka Belitung

Politisi PDI-P Adet Mastur Pastikan Tahun Ini, Persawahan Tiga Desa Di Bangka Selatan Dapat Kucuran Dana 4,9 M

Bangka Belitung

Resmikan Tugu Batas Sungailiat-Pangkalpinang, Mulkan: Alhamdulillah Bank Sumsel Babel Responship

Bangka Belitung

Algafry Rahman : Prestasi Febri Banggakan Kabupaten Bangka Tengah

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Usaha Perikanan Tangkap