Home / Bangka Belitung / Berita / Headline

Senin, 10 Juli 2023 - 14:52 WIB

Lempah Kuning Muara Ala Obie Tak Ada Tanding, Terkenal Sampai ke Amerika, Taiwan dan Malaysia

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA- Berbicara lempah kuning, maka yang pasti berbicara Bangka Belitung. Karena dua hal ini merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan bagaikan gula dan kopi.

Lempah Kuning Ala Obie

Meskipun ini menjadi masakan khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tidak semua masyarakat bisa dalam mengolah racikan rempah dari lempah kuning ini.

Namun, ditangan Obie dan Ria selaku owner dari Lempah Kuning Muara, makanan khas pulau Bangka ini mampu bersaing sampai kekancah dunia.

Terlihat hampir setiap hari warung LEMPAH kuning yang terletak di tepi muara pelabuhan ACUN Ketapang Pangkal Balam Pangkalpinang itu selalu ramai dikunjungi, baik itu dari masyarakat lokal maupun masyarakat luar daerah yang ingin mencicipi lempah kuning ini.

Warung Lempah Kuning Muara ini juga ramai tidak hanya pada moment weekend saja, tapi weekdays pun diserbu pengunjung di jam makan siang.

Kami pun dibuat penasaran dan ingin mencoba citarasa dari lempah kuning satu ini. Setelah bertemu dengan owner Bang Obie, menurutnya siapa saja bisa memasak apalagi membuat LEMPAH kuning dengan bumbu sederhana yakni kunyit, cabai dan terasi.

“Lempah kuning kami bumbunya sederhana, cukup cabai, terasi dan kunyit. Komposisinya pun hampir sama dengan yang lain. Soal rasa bisa berbeda mungkin dari cara mengolahnya. Serta tangan chef. Disini kami sendiri yang memasak” ujar Obie.

Sebagai putra asli Bangka Belitung Obie ingin menjadikan LEMPAH kuning ini sebagai kuliner nusantara yang mendunia. Hal ini dibuktikan dari banyaknya kunjungan tamu-tamu dari luar dan dalam negeri.

“Alhamdulillah tamu yang hadir di “LEMPAHKUNINGMUARA” beragam, dari dalam dan luar negeri. Kalau dari dalam negeri hampir seluruh provinsi ada. Kalau dari luar negeri ada dari Amerika, Taiwan, Malaysia. Dan negara lainnya. InsyaAllah besok ada dari tujuh negara yang akan menikmati menu lempahkuningmuara. ” tuturnya.

“Untuk harga bervariasi mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu. Tergantung seafood yang dipilih. Jenis ikan, udang, cumi, kepiting, maupun lokan. Dengan beragam olahan masakan,” tambahnya.

Yang menariknya lagi dari “lempahkuningmuara ini, pengunjung hanya membayar ikannya saja. Untuk nasi, lalapan serta sambal gratis. Pengunjung bebas mengambil sepuasnya.

“Seperti namanya lempah kuning muara, suasana disini adem, karena banyak angin dari muara serta jauh dari keramaian sehingga pengunjung dapat menikmati makanan dengan santai dan nikmat,” bebernya.(Renaldi).

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Pangkalpinang Sambut Kunjungan Komisi III DPRD Pangkalpinang

Berita

Raperda Pesantren Fokus DPRD Bateng

Bangka Belitung

Direktorat Polairud Polda Babel Amankan Dua Pria Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Bangka Belitung

Moment Safari Jum’at, Algafry Bantu Masyarakat Desa Kurau Timur

Bangka Belitung

Sambut Ramadan, Gubernur Erzaldi Nganggung di Masjid Al Mukhlisin Desa Riau

Bangka Belitung

Walikota Molen Serahkan Simbolis Kendaraan Dinas Bagi Tenaga Penyuluh Pertanian

Bangka Belitung

Algafri Rahman Suport Para Nelayan Se-Bangka Tengah Terkait Permodalan

Bangka Belitung

Pemkot Pangkalpinang Terima Penghargaan Paritrana Award 2023