Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah

Selasa, 26 April 2022 - 14:31 WIB

Keuangan Daerah Rendah, Ketua Pansus Mansah Minta Keadilan Dari Pusat

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA- Saat ini, Keuangan daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada diposisi rendah, untuk itu, Raperda Pengelolaan keuangan daerah yang sedang digondok Pansus DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan mampu mendongkrak kinerja sistem pengelolaan keuangan daerah yang lebih efektif dan efisien.

” Bulan depan kita akan coba berkonsultasi ke kemendagri dan Kementerian Keuangan, karena ini menyangkut juga dengan Kemampuan keuangan daerah (KKD) kita. Kemampuan keuangan daerah kita hari ini berada di posisi rendah”, kata, Mansah, yang juga selaku wakil Ketua Bapemperda DPRD Babel, usai rapat pembahasan Raperda bersama mitra , di DPRD Babel, senin (25/04/2022).

Mansah, S.TH.I, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditunjuk dan dipercaya untuk memegang komando sebagai Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pengelolaan keuangan daerah, terus berupaya bersama tim Pansus untuk mendongkrak kemampuan keuangan daerah menjadi lebih tinggi.

” Kita coba nanti berpikir bagaimana meningkatkan kemampuan keuangan daerah menjadi menengah atau tinggi. Kita masih memerlukan sekitar 400 miliar untuk mencapai keuangan daerah di kelas menengah. Jadi ini perlu ada pendapatan – pendapatan yang menjadi leading sector yang bisa kita genjot itu seperti apa”, tegasnya.

Menurut Legislator Nasdem Dapil Bangka Barat ini, pendapatan kemampuan keuangan daerah diukur dari tiga hal, pertama, dana bagi hasil (DBH) dari pusat ke daerah, kedua, Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan asli daerah (PAD)

“Mohon maaf, DBH ini kita merasa masih dianak ditirikan, bahwa daerah kita penyumbang yang luar biasa kekayaan alam kita ini diambil dari sini dan ditarik ke pusat, kita hanya dapat royalti tiga persen. Dan ini kita minta keadilanlah dari pusat terkait dengan DAU dan DBH”, pungkas Mansah.

Share :

Baca Juga

Berita

Sekda Pangkalpinang Hadiri FGD Peningkatan Kualitas LKPD Tahun 2022

Bangka Belitung

Bupati Algafry Serahkan Bantuan Pangan Beras Tahap II 2023

Berita

Desa Perlang Gelar Pasar Murah, Roni: Yo ke Kampung Kami

Bangka Belitung

Bupati Algafry Pimpin Upacara peringatan Hari Jadi ke 21 Kabupaten Bangka Tengah

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Hadiri Pembagian Beras Cadangan Pangan Pemerintah Pusat

Bangka Belitung

Anggota DPRD Erwandi Gelar Penyebarluasan Perda Pembangunan Kesejahteraan Keluarga

Berita

Perda Keterbukaan Informasi Publik, Amri Cahyadi Bilang Ini

Bangka Belitung

Tokoh Masyarakat Beri Dukungan Pada Pj Gubernur Babel