Home / Bangka Belitung / Berita

Sabtu, 7 Oktober 2023 - 15:46 WIB

Jaring Generasi Muda yang Cinta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati , Forum DAS Bakal Gelar acara Nasional di Belitung

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA – Forum Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Balai Pengelolaan Aliran Sungai Batu Rusa Cerucuk, Muhtar Effendi temui Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu guna

bersilaturahmi sekaligus menyampaikan permohonan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Babel dalam pelaksanaan acara Jambore Nasional Relawan Lingkungan di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel Sabtu (7/10/2023).

“Kegiatan jambore ini akan kita selenggarakan di Wisata Alam Batu Mentas, Belitung pada 9-11 November 2023 mendatang. Adapun pesertanya nanti diperkirakan berjumlah sekitar 500 orang yang berasal dari SMA/SMK, mahasiswa, dan umum, baik yang tergabung dalam komunitas maupun yang belum tergabung,” ujarnya kepada Pj. Gubernur Suganda.

Kegiatan Jambore ini diungkapkan Muhtar mengusung tema “Merajut Jejaring Relawan Lingkungan untuk Mendukung Pencapaian Indonesia‚Äôs FOLU Net Sink 2030”, dimana merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali. Agenda pertama dilaksanakan pada tahun 2019 di Kawasan Hutan Lindung Namang Bangka Tengah dan 2021 di Bukit Penyabong Kabupaten Bangka Barat.

“Jika tahun-tahun sebelumnya hanya tingkat provinsi saja, tapi tahun ini kita coba untuk tingkat nasional yakni dengan mengundang FORUMDAS dari seluruh Indonesia. Karena tahun ini FORUMDAS Kepulauan Bangka Belitung kembali memperoleh penghargaan dari Kementerian KLHK RI sebagai mitra strategis kategori paling inovatif,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini Muhtar berharap generasi muda dapat memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan keanekaragaman hayati di Kep. Bangka Belitung, sekaligus membentuk relawan yang cerdas, tangguh, berbudaya, dan bermartabat.

Pj. Gubernur Suganda dalam kesempatan ini menyambut baik dan mengapresiasi peran FORUMDAS sebagai mitra pemerintah dalam upaya dan mendorong kepedulian masyarakat khususnya generasi muda supaya fungsi hutan dan lingkungan yang lestari terus meningkat.

“Pada prinsipnya kami dari pemerintah akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, terlebih memang isu lingkungan di daerah kita ini perlu tata kelola yang baik serta penting membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan dan hutan kita,” pungkasnya.

Tidak lupa dirinya juga memotivasi agar relawan yang tergabung dalam FORUMDAS terus semangat dalam menjalankan amanah demi kesejahteraan masyarakat Kep. Bangka Belitung.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Dorong Pelajar dan Mahasiswa Bangka Belitung Raih Beasiswa

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana

Bangka Belitung

Rakor Pemberantasan Korupsi, Herman Suhadi Ketua DPRD Dampingi Wakil Ketua KPK

Bangka Belitung

Pj Gubernur Suganda: Jangan Takut, Saya Tidak Akan Nyalon Sebagai Gubernur atau Caleg

Bangka Belitung

Pj Gubernur Tekankan Dua Aspek Terkait Optimalisasi Pelabuhan

Bangka Belitung

Sambangi Kelurahan Berok, Ferdiyansyah Ajak Masyarakat Memajukan Koperasi dan UMKM.

Berita

Hari Perdana Masuk Kerja, Molen Lantik CPNS dan PPPK Kota Pangkalpinang

Berita

Sekda Akui Capaian Realisasi Investasi di Pangkalpinang Cukup Baik