Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah

Rabu, 20 April 2022 - 10:06 WIB

Ingat Bumi, Ketua Melati Gencar Tekankan Ekonomi Kreatif Ramah Lingkungan

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA- Melati Erzaldi selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membagikan kisahnya yang kini semakin menekankan ‘Ekonomi Kreatif yang Ramah Lingkungan’ dalam Talkshow “Pemanfaatan Produk Ekonomi Kreatif bagi Industri Pariwisata (Perhotelan dan Restoran) Provinsi Kepulauan Babel, di Galeri Seni dan Ruang Kreatif Melati, Rabu (20/4/2022).

“Teman-teman harus tau bahwa kondisi lingkungan kita saat ini sangat mengkhawatirkan. Beberapa hari yang lalu saya memposting satu video, _scientist National Aeronautics and Space Administration_ (NASA) menangis sambil bilang bahwa kita bersama-sama harus bergerak, karena sudah 3 dekade dicuekin, hanya sebatas _tagline_, bahwa kita cinta lingkungan tapi tidak ada aksi,” ujar Ketua Melati.

Ketua Melati mengatakan, isu ini harus terus dimunculkan, dengan aksi keberpihakan dengan produk-produk ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan isu lingkungan sudah menjadi ancaman untuk bumi yang di dalamnya adalah kita. Bahkan, saintis NASA meramalkan dalam waktu tiga tahun lagi bumi akan hancur, kalau kita tidak sama-sama bergerak.

Berkaitan dengan produk ramah lingkungan, Babel memiliki _eco straw_ purun atau sedotan purun yang diproduksi langsung memanfaatkan tanaman endemik yang ada di Belitung. Sedotan purun ini bahkan sudah cukup banyak dilirik orang luar, seperti pihak _coffee shop_, yang kini terus bertambah jumlah pesanannya. Untuk itu, Ketua Melati menekankan, sebagai masyarakat Babel, ada baiknya segera menggunakan sedotan purun.

“Dengan kita mulai beralih ke _eco straw_, berarti kita menunjukkan langkah keberpihakan kita dengan pelaku ekonomi kreatif dan bentuk tanggung jawab kita dengan bumi,” kata Ketua Melati.

Sejalan dengan hal itu, pemerintah daerah juga bergerak dengan mendorong pihak perbankan untuk menjadi ayah angkat dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) _eco straw_, bekerja sama dengan Intekno yang berinovasi menciptakan alat pemotong purun. Aksi ini dilakukan, guna mempersiapkan diri, apabila nanti semakin banyaknya yang tergerak untuk segera mengganti sedotan plastik dengan sedotan purun. Jadi, ditegaskan oleh Ketua Melati, pihak UMKM _eco straw_ sudah siap untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Tak hanya itu saja, Gubernur Erzaldi juga mengungkapkan bahwa pihak pemerintah sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE), untuk saat ini, pihak hotel dan restoran di Babel wajib menggunakan sedotan purun.

“SE-nya sudah ada. Tinggal disosialisasikan saja. Juga nantinya dari SE akan ditindak-lanjuti ke Peraturan Daerah (Perda). Lalu, ini perlu kolaborasi dengan kabupaten/kota. Di mana nantinya untuk usaha yang memang tidak hanya menggunakan purun, tetapi juga mengurangi pemakaian plastik, akan pemerintah berikan insentif pengurangan pajak,” ujar gubernur.

Hadir untuk meresmikan Galeri Seni dan Ruang Kreatif Melati juga talkshow, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno, juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia sangat berpihak pada industri ekonomi kreatif, yang juga berkaitan dengan lingkungan, yaitu daur ulang barang yang tidak terpakai (barang bekas) menjadi bernilai jual.

“Mungkin banyak yang tidak sadar, salah satunya kursi yang bapak/ibu duduki saat ini, itu kan ban mobil bekas, lalu diolah oleh talenta-talenta ekonomi kreatif kita menjadi kursi yang nyaman. Nah, itulah proses ekonomi kreatif, yang tentu di_support_ oleh pemerintah,” kata Menteri Sandiaga Uno.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Buka Turnamen Algafry Rahman Cup E-Sport Bangka Tengah

Bangka Belitung

Residivis Narkoba Kembali Berulah, SY Sebut Karna Harus Bayar Kontrakan

Bangka Belitung

Pj Bupati Bangka: Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Momentum Meningkatkan Iman dan Taqwa

Bangka Belitung

Pemprov Lagend Tahan Imbang Jurnalis Fc Dengan Scor 2-2

Bangka Belitung

Hari Pertama Kerja, PJ Gubernur Babel Jalin Silaturahmi Dengan Masyarakat

Bangka Belitung

Persoalan Alur Muara Sungai Jelitik, Ketua DPRD Babel Akan Bawa Persoalan Ini Ke Pusat

Bangka Belitung

Ramadhan Berkah dengan Sedekah, Algafry Berikan Apresiasi Komunitas Kamen Desa Perlang

Bangka Belitung

Dua Subsektor Unggulan Kota Pangkalpinang Masuk Program Kemenparekraf