Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah / Ekonomi

Senin, 27 Maret 2023 - 19:03 WIB

Hadapi Momentum Ramadhan dan Idul Fitri, Bank Indonesia Gelar Kick Off SERAMBI 2023

PANGKALPINANG, SEPUTARINDONESIA- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan acara Kick-Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) di Ruang Tanjung Kelayang Kantor Perwakilan BI Babel, Senin (27/03/2023).

Dalam rangka menghadapi momentum Ramadhan dan Idul Fitrri, ada banyak kegiatan SERAMBI dan akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan. Pertama, memastikan kecukupan kebutuhan uang rupiah di Bangka Belitung melalui metode yang akurat.

Proyeksi kebutuhan uang Rupiah perbankan periode Lebaran 2023 diwilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar Rp 1,2 Triliun dengan rincian Rp930 Miliar untuk wilayah Pulau Bangka dan Rp282 Miliar untuk wilayah Pulau Belitung.

“Proyeksi tahun ini jika dibandingkan dengan realisasi Outflow Ramadhan tahun 2022 (Rp 1,4 Triliun), mengalami penurunan sebesar 200 miliar (-14%), hal ini tidak terlepas dari adanya penurunan harga komoditi Timah yang menjadi komoditi unggulan di Bangka Belitung. Kecukupan Kebutuhan Uang Rupiah, Kemudian, Posisi Kas Siap Edar (PKSE) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung per tanggal 20 Maret 2023 sebesar 2,5 Triliun, sehingga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah periode Ramadhan dan Idhul Fitri 2023,” kata Fachturrahman.

Kedua adalah penyelenggaraan layanan kas di beberapa titik wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Prov. Babel. Di bulan Ramadhan 2023 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Layanan Kas Luar Kantor berupa Kas Keliling. Kegiatan layanan Kas Keliling dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1444 H dilaksanakan sebanyak 11 titik yang tersebar di beberapa tempat yaitu di Kab. Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Bangka Barat serta telah dilakukan di wilayah Belitung Timur yang telah dilakukan sejak awal Maret 2023 yang informasi jadwal kegiatan layanan kas keliling dapat diakses di Instagram bank_indonesia_babel.

“Dalam rangka digitalisasi layanan pengelolaan Uang Rupiah, masyarakat dapat memesan penukaran uang melalui web PINTAR.BI.GO.ID. KPwBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga berkolaborasi dengan perbankan dengan Layanan Penukaran adalah layanan kas di masing-masing loket kantor perbankan untuk melayani masyarakat, baik kepada nasabah maupun non nasabah,” sebutnya.

Komitmen Layanan penukaran oleh bank tersebar di 32 titik yaitu 22 titik di Pangkalpinang dan 10 titik di wilayah Belitung membuka layanan penukaran di masing-masing loket kantor bank.

Dalam bentuk kegiatan layanan penukaran uang Rupiah kepada masyarakat dengan penggunaan aplikasi PINTAR dalam pemesanan penukaran uang Rupiah. Selanjutnya Penyelenggaraan kegiatan layanan penukaran uang Bersama dengan perbankan yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 13 April 2023 di Alun – alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan uang di masyarakat pada periode Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1444 H.

“Terakhir, Kegiatan SERAMBI 2023 berfokus pada Edukasi dan Komunikas, yaitu Edukasi Rupiah yang dilaksanakan melalui penyelengaraan Kegiatan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah edisi Ramadhan. Komunikasi CBP diarahkan untuk penyebaran pesan “Bijak Berbelanja” dalam rangka turut serta dalam pengedalian inflasi,” jelasnya. (Bank BI)

Share :

Baca Juga

Advedtorial

Kendalikan Inflasi, Bupati Bateng Algafry Tekankan Kolaborasi di Kabupaten Bangka Tengah

Bangka Belitung

Pimpinan dan Anggota DPRD Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Ke 21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung

Algafry Sambut Hangat Silaturahmi PJ Gubernur

Bangka Belitung

DPRD Babel Inisiasi Raperda Pelestarian Utama Bahasa dan Sastra

Bangka Belitung

SK DPC PPP se-Babel Resmi di Terima, Amri Cahyadi: Ini Momentum Merekrut Pengurus Berpotensi

Bangka Belitung

Kapolri Puji Kekompakan Forkopimda Babel Tangani Covid-19

Bangka Belitung

DPC PPP Bangka Akan Selenggarakan Muscab Secara Mandiri

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Hadiri Pelatihan Penggunaan GPS Kepada Nelayan Bangka Tengah