Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Minggu, 6 Agustus 2023 - 17:12 WIB

Bupati Algafry Panjat Pohon Kabung Untuk Lestarikan Budaya Takbenda

SEPUTARINDONESIA – Untuk mendukung pelestarian keanekaragaman serta pemantapan terhadap Warisan Budaya Takbenda, Algafry memanjat salah satu pohon Kabung di desa untuk mengikuti adat unik Aik Mayang, yang terkait dengan legenda setempat. Bahkan Algafry juga mencicipi langsung air kabung langsung dari pohon yang dipanjatnya. ketika berada di Desa Beruas, Kecamatan Simpangkatis. Jumat (04/08/2023).

Bupati Algafry menyampaikan adatAik Mayang ini merupakan sebutan masyarakat Desa Beruas untuk Air Kabung (air pohon Aren) dimana terdapat legenda dibaliknya. Bahkan, berdasar legenda ini, ada proses unik ketika melakukan penyadapan pohon kabung yakni ritual nyanyian atau pantun.

“Air Kabung ini memang banyak berada di tempat lain, tetapi disini ada yang berbeda, terdapat keanekaragaman budaya atau kearifan lokal, yakni semacam ritual dalam proses penyadapannya. Ini harus kita hargai dan kita lestarikan sehingga bisa terwariskan,” ujar Algafry.

Ia mengatakan kearifan lokal yang dimiliki oleh Desa Beruas yang sedang dan terus dilestarikan oleh masyarakat ini akan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah baik dalam proses pengemasan cerita serta pengembangan Air Kabung ini menjadi produk-produk UMKM.

“Kedepan dalam mendukung hal ini, pertama akan kita tuangkan dalam sebuah buku cerita terkait legenda yang ada. Kemudian dalam proses itu, pemerintah akan bersama-sama mengajak akademisi untuk berproses dalam pengembangan UMKM Desa Beruas ini,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Dit Permas KPK Bekali 111 Orang Ikuti Bimtek Perluasan Desa Antikorupsi di Provinsi Lampung

Bangka Belitung

Bupati Algafry Hadiri Maghrib Mengaji di Masjid Ar Rohim

Berita

Miris, BUMD Bangka Tengah Tidak Punya Modal dan Aset Apapun Untuk Operasional

Bangka Belitung

Pj Sekda Fery Pimpin Raker Optimalisasi Penerimaan Retribusi Daerah

Bangka Belitung

Asisten Pemkot Suryo Apresiasi Program Pelatihan Kerja

Bangka Belitung

Ketua DPRD Pangkalpinang Pimpin Paripurna Tiga Raperda Pemkot Pangkalpinang

Berita

Winner Turnamen Gaple Bupati Bateng Cup 2022 Masih Diisi Nama-Nama Lama

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Gedung Gedung Perpustakaan Daerah Bateng