Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Senin, 11 Desember 2023 - 19:42 WIB

Bupati Algafry Hadiri Nganggung Nujuh Hari di Desa Sungkap

SEPUTARINDONESIA – Mulai dari remaja hingga orangtua berbondong-bondong hadir di Balai Desa Sungkap, Kecamatan Simpang Katis, untuk menghadiri Nujuh (Tujuh) Hari dengan tradisi Nganggung, pada Senin (11/12/2023). Terlihat juga Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman berada di tengah-tengah masyarakat didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, Zainal.

Nganggung sendiri merupakan adat masyarakat Bangka yang sudah ada sejak nenek moyang dulu, dimana hingga sekarang tradisi ini masih tetap bertahan terutama di desa – desa, nganggung tidak hanya diadakan ketika memperingati Maulid Nabi, tetapi juga di Nujuh Hari atau 7 hari yakni apabila ada warga yang meninggal dunia 7 hari sebelumnya, maka setiap rumah membawa satu dulang agar bisa dibawa ke balai desa yang biasanya berdekatan dengan masjid.

Algafry mengungkapkan Nujuh Hari dengan tradisi Nganggung ini juga menjadi salah satu momen dimana masyarakat dapat berkumpul untuk berzikir serta mendoakan keluarga ataupun warga yang meninggal setelah 7 hari.

“Masyarakat hadir di sini, datang menuju Balai Desa dengan membawa dulang di tangannya, dan berdoa bersama. Ini merupakan bentuk kepedulian dan kekompakan yang ditunjukkan antara sesama masyarakat Desa Sungkap,” kata Algafry.

Diungkapkan Algafry, tradisi Nganggung ini juga menjadi tempat bersilaturahmi bagi masyarakat. Dirinya pun mengapresiasi pelestarian tradisi Nganggung yang terus dijaga oleh masyarakat Desa Sungkap dengan menyerahkan secara simbolis 800 dulang serta tudung saji.

“Kami, Pemerintah Daerah, mendorong dan terus berupaya pelestarian budaya atau tradisi yang ada ini. Kami harapkan dengan pemberian dulang beserta tudung saji ini memberikan manfaat serta masyarakat terus berupaya melestarikan tradisi ini turun temurun,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Sebanyak 400 Karung Beras di Bagikan Baznas Dan Pemkot Pangkalpinang

Bangka Belitung

Bupati Algafry Resmikan Gedung Gedung Perpustakaan Daerah Bateng

Berita

100 Pejabat Bangka Belitung Ikuti Diklat Pemantapan Nilai Kebangsaan

Bangka Belitung

Pj Gubernur, Ketua DPRD dan Kapolda Babel Semarakkan Pisah Sambut Danrem 045/Gaya

Bangka Belitung

Menko PMK Tinjau Vaksinasi di Taman Dealova

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Hadiri HUT ke 24 Dharma Wanita Persatuan Pangkalpinang

Bangka Belitung

Optimalkan Distribusi dan Ketersediaan Pangan Babel Beliadi Datangi Badan Pangan Nasional

Bangka Belitung

Walikota Molen Buka Kegiatan Turnamen Gaple HUT PGK ke 266