Home / Bangka Belitung / Berita / Politik / Sosial

Kamis, 5 Oktober 2023 - 19:43 WIB

Bupati Algafry Bersama Masyarakat Laksanakan Salat Istisqa

SEPUTARINDONESIA – Adanya fenomena El Nino menyebabkan wilayah Indonesia mengalami penurunan curah hujan yang mengakibatkan kemarau panjang dan kekeringan termasuk di Kabupaten Bangka Tengah. Selain kekeringan dan kekurangan air, terpantau Bangka Tengah juga mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sebagai salah satu upaya, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) bersama jajaran Forkopimda, ASN dan masyarakat sekitar melaksanakan salat Istisqa di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah pada Kamis (05/10/2023) pagi.

Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah menerangkan bahwa salat Istisqa ini merupakan wujud pengakuan hamba kepada Allah atas kesalahan dan dosa yang diperbuat.

“Hal ini kita laksanakan semata-mata mengajak masyarakat untuk memohon kepada Allah SWT. Salat Istisqa pada dasarnya adalah pengakuan kita kepada Allah SWT bahwa kita ini sudah banyak zalim dan salah, memohon diberikan ampunan oleh Allah SWT, semoga kita kembali mendapatkan rahmat (termasuk diturunkannya hujan -red) dari Allah SWT,” ucapnya.

Dikatakan Algafry bahwa manusia bukanlah siapa-siapa dan dengan salat Istisqa manusia mengakui bahwa dirinya merupakan makhluk yang lemah.

“Tidak dicurahkan hujan, adanya asap, dan panas, seperti ini kita sudah kalang kabut. Untuk itu kita mengakui bahwa kita ini adalah zatNya, bukan siapa-siapa, dan kita berharap Allah SWT meridhoi¬† apa yang kita lakukan ini, salah satunya menurunkan hujan kepada kita,” pungkasnya.

Share :

Baca Juga

Berita

Bangka Tengah Terima Penghargaan Indonesia Awards 2022 Kategori Outsanding Digital Public Service Initiatives

Bangka Belitung

Bupati Algafry Menyatakan Jalan di Dusun Konghin Akan Mulus di Tahun 2023

Bangka Belitung

DPRD Babel Gelar Paripurna P-KUA dan P-PPAS Anggaran 2021

Berita

Panglima Hidayat Arsani Berkunjung ke Bangka Tengah, Ingin Jadikan Bateng Lumbungnya Cabe

Bangka Belitung

Desa Namang Launching Desa ‘BERSINAR’, Zaiwan: Semoga Menjadi Desa yang Qur’ani dan Bebas Narkoba

Berita

Ketua Harian DPP KNPI Muhaimin Syarif Diganti, Ini Penggantinya !

Bangka Belitung

Kukuhkan BKMT, Molen: Semoga BKMT Bermanfaat Untuk Kita Semua

Bangka Belitung

Ini Pesan Algafry Rahman Usai Melantik Kepala Desa Penyak!