Home / Bangka Belitung / Daerah / Headline / Kesehatan

Selasa, 10 Mei 2022 - 00:48 WIB

Atasi Tingginya Pasien Jantung Asal Babel Di Jakarta, RSUD DR. (H.C) Ir. Soekarno Babel Sediakan Fasilitas Bedah Jantung

BANGKA, SEPUTARINDONESIA – Pertama kalinya di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dilaksanakan operasi jantung terbuka bypas (CABG).

Kegiatan perdana ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. (H.C) Ir. Soekarno Babel dari tanggal 09 hingga 10 Mei 2022.

Kegiatan operasi jantung terbuka bypas didukung langsung oleh tim bedah dan anestesi Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita bersama tim bedah dan anestesi RSUD DR. (H.C) Ir. Soekarno Babel, serta dipantau langsung oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman pada Senin (09 Mei 2022).

“Kita patut bersyukur bahwa kegiatan operasi jantung yang bekerjsama dengan Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita dilaksanakan lebih cepat di tahun 2022 yang sebelumnya direncanakan pelaksanaannya di tahun 2023. Babel tercatat menjadi provinsi ke-16 yang dapat melaksanakan kegiatan ini”, jelas Erzaldi.

Erzaldi menambahkan bahwa rangkaian kegiatan operasi jantung ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/7182/2020 Tentang Rumah Sakit Jejaring Rujukan Kardiovaskular Di Mana RSUD Soekarno Ditetapkan Sebagai Rumah Sakit Rujukan Kardiovaskular di Babel.

“Kegiatan bedah jantung ini bukanlah kegiatan coba-coba. Semua dilakukan persiapan dan perencanaan yang sudah lama dilakukan oleh tim-tim hebat dari RSUD Sukarno Babel. Tim bedah jantung dari Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta ini selanjutnya akan menjalani masa tugas di RSUD Sukarno selama 2 tahun”, tambahnya.

Selama dua tahun ini, Erzaldi berharap adanya transfer ilmu yang dilakukan oleh tim bedah Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita terhadap tim bedah jantung di RSUD Sukarno Babel.

Kesiapan tim bedah jantung Babel kedepan menurutnya sangat penting untuk mengatasi tingginya daftar tunggu pasien asal Babel di Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta.

Sementara itu Direktur RSUD DR. (H.C) Ir. Soekarno Babel, Bahrun Siregar Sutrisno mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepeprcayaan, kerjasama dan dukungan dari semua pihak atas pelaksanaan kegiatan operasi jantung terbuka bypas.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan, kerja sama dan dukungan dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta dan masyarakat Babel. Kegiatan ini ditujukan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap banyaknya penderita jantung di Babel”, terangnya.

Bahrun berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesembuhan masyarakat Babel yang menderita penyakit jantung untuk melakukan operasi jantung bypass (CABG), sehingga tidak perlu repot mengantri karena sudah dapat dilakukan di RSUD DR. (H.C) Ir. Soekarno Babel.

Seperti diketahui, tim bedah dan anestesi Rumah Sakit Jantung Harapan Kita yang akan melaksanakan operasi ini adalah Dr. dr. Iwan Dakota, Sp.Jp (K), M.A.R.S (Direktur Utama Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita), dr. Dudi Arman Hanafy, Sp.Btkv sebagai dokter bedah, Dr.dr. Cindy Elfira Boom, Sp.An, Kakv sebagai dokter anestesi, dr. Ardiyan, Sp.An sebagai dokter icu, perawat bedah, perawat anestesi, perawat perfusi dan perawat ICU. Sedangkan tim bedah dan anestesi RSUD DR. (H.C) Ir. Soekarno Babelyakni dr. Surya Hafidiansyah Putra, Sp.Jp (K) dan tim cathlab.

Editor : OdiCh

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Polres Bangka Gelar Acara Olahraga dan Kurve Bersama Forkopimda, Ormas dan Insan Pers di Kabupaten Bangka

Berita

Amri Cahyadi Ngotot Mempertahankan Pulau Tujuh Bagian Dari Wilayah Bangka Belitung

Bangka Belitung

Pemprov Babel Dorong Percepatan Ekspor Hasil Laut Secara Mandiri

Bangka Belitung

Sekda Bangka Tengah Hadiri Sosialisasi Pengawasan Jasa Konstruksi

Bangka Belitung

Pj Gubernur Babel Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Menumbing 2023

Berita

40.402 Keluarga di Bangka Tengah Masuk Kategori Tidak Sehat

Berita

Pansus 16 DPRD kota pangkalpinang kunjungi Diskominfosta kab. Bangka Tengah

Headline

Pj Gubernur Lepas Delegasi BAPOMI Babel