Home / Bangka Belitung / Berita / Daerah / Kesehatan

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 08:24 WIB

Astaga, Ribuan Dosis Vaksin di Bangka Tengah Rusak dan Kadaluwarsa!

BANGKA TENGAH, SEPUTARINDONESIA – Diketahui, ketersediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah banyak yang rusak dan kadaluwarsa, dan hanya tersisa 13 dosis saat ini.

Mukhrim selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah menyebutkan, vaksin yang bakal kadaluwarsa jika tak terpakai dalam waktu dekat adalah vaksin jenis Coronavac (Sinovac).

“Tepat pada 20 Oktober 2022 nanti juga ada banyak vaksin yang akan kadaluwarsa (kadaluwarsa-red),” ujar Mukhrim. Jumat, (15/10/2022).

Hasil pendataan Dinas Kesehatan Bangka Tengah sebanyak 991 dosis dari berbagai jenis rusak dan 9.725 dosis jenis Sinovac kadaluwarsa.

“Vaksin ini sudah ada dari tahun 2021, tapi karena banyaknya masyarakat yang menolak untuk divaksin jadi vaksin yang tersedia tidak terpakai sama sekali,” tuturnya.

Ia mengatakan, vaksin yang sudah rusak dan kadaluwarsa akan dikumpulkan dan dilaporkan ke Pemprov Babel.

“Vaksin tersebut kemungkinan akan dimusnahkan, tapi belum bisa dipastikan seperti apa mekanismenya dari pemerintah pusat,” kata Mukhrim.

Dikatakan Mukhrim, saat ini pihaknya kebingungan lantaran sudah banyak laporan yang masuk dari masyarakat yang kesulitan mendapatkan vaksin khusus booster untuk keperluan bepergian. Namun, ketersediaan vaksin tersebut kosong, dan ini terjadi tidak hanya di Bangka Tengah saja melainkan di seluruh Kabupaten di Bangka Belitung.

“Waktu covid lagi naik-naiknya kemarin, sudah kami gecarkan untuk vaksinasi tapi masih banyak yang tidak mau, dan sekarang stoknya habis, banyak yang nyariin,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, tidak bisa berbuat lebih untuk saat ini. Pihaknya menunggu untuk pengadaan stok vaksin dari pemerintah pusat.

“Pemerintah daerah dan pemerintah provinsi hanya mendapatkan distribusi langsung dari pemerintah pusat dan saat ini kami belum dapat bocoran kapan pengadaan vaksin covid-19 akan kembali dilakukan,” tutupnya.

Penulis: Robi

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Tiba di Kep. Babel, Dewan Komisaris MIND ID Bakal Tinjau Pabrik Canggih Peleburan Timah

Berita

Bangka Tengah Terima Penghargaan Indonesia Awards 2022 Kategori Outsanding Digital Public Service Initiatives

Bangka Belitung

Pemprov Babel Gelar Seleksi Calon Pimpinan Tinggi Pratama

Bangka Belitung

Pj Walikota Lusje Pimpin Apel Gabungan Persiapan Pengamanan TPS Pangkalpinang

Berita

Wakil Wali Kota Pangkalpinang Hadiri Rapat Paripurna Ke-17 Masa Persidangan II DPRD Kota Pangkalpinang

Bangka Belitung

Bangka Belitung Patut Berbangga Punya Hatchery Tercanggih di Indonesia

Berita

Pemkot Pangkalpinang Hadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank Sumsel-Babel

Bangka Belitung

Kunjungi Ruang Melati, Istri Pj Gubernur Jatuh Cinta dengan Batik Tanah Wari