Home / Berita / Daerah

Selasa, 7 Juni 2022 - 19:21 WIB

47 Calon Jamaah Haji Bangka Tengah Ikut Bimbingan Manasik Haji, Algafry: Semoga Menjadi Haji Mabrur

KOBA, SEPUTARINDONESIA- Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman membuka kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (07/06/2022) di Masjid Ar-raihan, Koba.

Dalam sambutannya Algafry menyampaikan kegiatan bimbingan ini dilakukan untuk memberi bekal kepada para calon jamaah haji (CJH) agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan kembali ke tanah kelahiran mendapatkan predikat haji mabrur.

Selain itu, Ia juga menyampaikan agar CJH harus benar-benar mepersiapkan diri secara lahir dan batin serta fisik harus prima.

“Insya Allah, manasik ini adalah pemahaman tentang bagaimana ritual pelaksanaan haji sebagai bekal keberangkatan pada 29 Juni nanti. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, mereka sudah terbiasa pada saat melakukan pelaksanaan haji dan mengetahui gambaran rangkaian ibadah selama pelaksanaan ibadah haji,” ujar Bang Ayi sapaan akrab Bupati Bateng ini.

“Saya juga berterima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah yang telah memberikan bimbingan manasik haji kepada para jamaah kita,” ujarnya.

Terkait adanya himbauan dari pemerintah bagi CJH agar dapat melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sebelum keberangkatan, Algafry menghimbau agar para CJH bisa melaksanakannya, namun sewajarnya saja dan tidak memaksakan diri.

“Itu anjuran dan dilakukan sewajarnya, yang jelas para calon haji ini harus mempersiapkan fisik, kesehatan dan mental sebelum keberangkatan ke Jeddah,” pesan Algafry.

Sementara itu H. M. Karyawan selaku Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bangka Tengah mengatakan sebanyak 47 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Bangka Tengah yang akan diberangkatkan pada tanggal 29 juni nanti akan dilakukan sebanyak 4 kali bimbingan manasik haji.

“Calon Jamaah Haji akan berikan bimbingan manasik haji dua kali di kecamatan dan dua kali lagi di kabupaten. Diharapkan mereka mengikuti bimbingan manasik ini dengan baik,” ujarnya.

Lanjut H. M. Karyawan para CJH haruslah mempersiapkan diri karena dalam perjalanan ibadah haji ini merupakan perjalanan jasmani dan rohani. Oleh karena itu, CJH harus membekali diri dengan kesiapan rohani melalui bimbingan manasik ini. Para CJH diharapkan dapat benar-benar mampu mengikuti bimbingan manasik ini dengan baik.

Turut dihadiri Perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala KUA Koba, Dinas Kesehatan Bateng, dan Calon Jemaah Haji Bangka Tengah.*

Share :

Baca Juga

Bangka Belitung

Walikota Molen Hadiri Kegiatan Family Gathering Pemkot Pangkalpinang

Bangka Belitung

Hari Anak Nasional Ke-39 Tahun 2023, Momen Untuk Saling Menjaga Dan Melindungi

Bangka Belitung

Bupati Bangka Tengah Dengarkan Keluhan Nelayan Pantai Sampur

Bangka Belitung

Tips Gemar Sayur dan Buah, Eva Algafry: Mulailah Sejak Usia Dini

Berita

Cual Babel Melenggang di Paris Fashion Show 2022, Melati: ‘Impian Jadi Nyata

Bangka Belitung

Buruh, Nelayan, ART Sekarang Bisa Dapatkan BP Jamsostek, Aisyah: Untuk Perlindungan Jaminan Sosial Mereka

Bangka Belitung

Ground Breaking Menandakan Jalan Belilik-Kerakas Resmi Dimulai, Danrem: Supaya Ekonomi Masyarakat Meningkat

Bangka Belitung

Staf Ahli Bupati Bateng Dorong Kegiatan Penanaman Pohon yang Digelar Yonif 147/KGJ